Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Unnes Ajak Mahasiswa Thailand Mengolah Biodisel dan Tulang Daun

Unnes Ajak Mahasiswa Thailand Mengolah Biodisel dan Tulang Daun

METROSEMARANG.COM – Universitas Negeri Semarang mengajak 10 mahasiswa dari Thailand dan Malaysia untuk belajar membuat biodiesel dan kriya tulang daun dalam program Internasional Community Engangement (ICE) 2017.

Mahasiswa Thailand belajar membuat biodiesel di Unnes. Foto: istimewa

Kepala International Office Unnes Intan Permata Hapsari di Semarang, menjelaskan biodiesel dan kriya tulang daun dipilih karena merupakan hasil penelitian peneliti Unnes yang telah berhasil dipatenkan.

“Kegiatan ini berlangsung mulai 14 hingga 25 Agustus 2017. 10 mahasiswa dari Thailand dan Malaysia itu kali pertama diajak ke Perkebunan Karet di daerah Tuntang, Kabupaten Semarang untuk mencari biji-biji karet untuk dibawa ke Laboratorium Teknik Kimia, FT Unnes, dan kemudian diajari cara mengolahnya jadi minyak biodiesel sehingga benar-benar paham,” katanya, Senin (28/8).

Untuk kriya tulang daun, Intan mengatakan mahasiswa diajari mengolah hingga mewarnai tulang daun, kemudian dikreasi menjadi berbagai produk, seperti lukisan, gantungan kunci, dan bunga hiasan meja.

Tak hanya itu, kata dia, mahasiswa juga diajak mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa berwirausaha dengan mengolah biji karet atau membuat kreasi kriya dari daun. (ade)