Urai Kemacetan RHK Mulai Diuji Coba di Semarang

Ruang Henti Khusus sudah mulai diuji coba di Jalan Pemuda. Foto Metrosemarang/Ilyas Aditya
Ruang Henti Khusus sudah mulai diuji coba di Jalan Pemuda. Foto Metrosemarang/Ilyas Aditya

SEMARANG – Sebagai bentuk komitmen terus berusaha mengurai kemacetan lalu lintas, Polrestabes Semarang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan setempat, siap mencanangkan program Ruang Henti Khusus (RHK). Program ini sudah mulai diuji coba sejak akhir pekan kemarin.

Dalam program yang rencananya akan dibangun di beberapa titik traffic light tersebut, sepeda motor akan diberikan ruang pemberhentian khusus berwarna merah. Menurut Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Punky Bhuana Santoso, saat ini program tersebut tengah berada dalam tahap uji coba.

“Jumat 6 Februari lalu, kami bangun RHK pertama di traffic light bundaran PLN Jalan Pemuda. Masih tahap uji coba dan hasilnya cukup memuaskan,” tuturnya, Senin (9/2).

Lebih lanjut, pihaknya mengaku program tersebut baru pertama kali diwujudkan di Kota Semarang setelah beberapa kota lain di Indonesia. Diharapkan, RHK nantinya akan mampu mengurai kemacetan di Kota Lumpia.

“Dengan RHK, laju kendaraan akan lebih efektif usai berhenti di lampu merah. Saat ini masih dalam tahap pengujian, jadi belum ada sanksi bagi mobil yang berhenti di RHK,” tandas Punky. (yas)

activate javascript