Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Urus Sertifikat Tanah, Seorang Kades Tertangkap Pungli

Urus Sertifikat Tanah, Seorang Kades Tertangkap Pungli

METROSEMARANG.COM – Seorang Kepala Desa Manggis, Kecamatan Sirampok Kabupaten Brebes berinsial MDK tepergok melakukan pungutan liar (pungli) saat mengurus izin sertifikat tanah di wilayahnya. Ia tertangkap tangan oleh penyidik Polda Jateng pada 25 Januari 2017 kemarin.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Dari hasil penangkapan kepala desa tersebut, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah Kombes Lukas Akbar Abriari mendapati barang bukti berupa uang senilai Rp 2,7 juta.

Ia mengungkapkan uang tunai itu merupakan hasil pengutan saat mengurus sertifikat program negara.¬†“Kami langsung periksa 204 saksi, dan berhasil menyita uang tunai lainnya sebesar Rp 64 juta. Pelakunya sudah kami tahan,” terangnya, Kamis (2/2).

Pungli tersebut dilakukan pelaku dengan dalih meminta biaya tambahan mengurus tanah. Kades berinisial MDS diketahui kerap meminta imbalan kepada warganya sampai Rp 1 juta.

Padahal, jumlah sertifikat yang sedang diurus oleh pelaku mencapai 250 lembar. Sejauh ini yang baru melaporkan kasus tersebut ada 204 orang.

“Tersangka kami jerat dengan pasal 12 e UU Tindak pidana korupsi,” katanya.

Penyidik menyatakan pelaku terbukti pungli karena proses mengurus sertifikat tanah merupajan program pemerintah yang tidak dipungut biaya sepersenpun.

Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol Djarot Padakova menambahkan pelaku berhasil ditangkap oleh tim saber pungli Polda Jateng. Untuk saat ini, pelaku telah ditahan untuk memperdalam proses penyelidikan lebih lanjut. (far)