Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Usaha Pergadaian Diminta Daftar OJK

Usaha Pergadaian Diminta Daftar OJK

METROSEMARANG.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melihat menjamurnya usaha pergadaian yang ada di masyarakat. Oleh karena itu, OJK menyosialisasikan Peraturan OJK tentang Pergadaian di kota-kota besar di Indonesia, termasuk Kota Semarang.

Sosialisasi Peraturan OJK tentang Pergadaian di Hotel Gumaya, Kamis (3/11). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Sosialisasi Peraturan OJK tentang Pergadaian di Hotel Gumaya, Kamis (3/11). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Direktur Pengaturan, Penelitian dan Pengembangan Industri Keuangan Non-Bank OJK, Togar Sinaga mengatakan penataan ini diharapkan mampu memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Usaha pergadaian diharapkan mendaftarkan usahanaya kepada OJK.

“Karena sudah didaftarkan, maka OJK akan lebih mudah memberikan pendampingan dan pengawasan. Dengan demikian, usaha pergadaian akan bisa semakin berkembang. Saat ini, pergadaian yang sudah didaftarkan di OJK hanya PT Pegadaian (Persero),” kata dia di Hotel Gumaya, Kamis (3/11).

Dia memberikan syarat kepada usaha pergadaian yang didaftarkan ke OJK adalah mempunyai setoran awal sebanyak Rp 500 juta untuk usaha dalam lingkup kabupaten/kota. Sedangkan untuk provinsi, setoran awalnya adalah sebesar Rp 2,5 miliar.

Usaha pergadaian yang sudah didaftarkan nantinya akan diberikan nomor register dan dipasang di tempat usaha. Selain itu, besaran bunga akan dipajang secara transparan agar masyarakat bisa melihat dan membandingkan besaran bunga antar pergadaian. (ade)