Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > USAID Bangladesh ‘Berguru’ Sistem Pendidikan di IAIN Walisongo

USAID Bangladesh ‘Berguru’ Sistem Pendidikan di IAIN Walisongo

walisongo
SEMARANG – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo mendapat tamu istimewa dari perwakilan The United States Agency for International Development (USAID) Bangladesh. Rombongan yang terdiri dari 10 orang itu akan melakukan studi banding pendidikan di perguruan tinggi yang akan segera berubah menjadi universitas negeri itu.
“Kami ingin mempelajari sistem pendidikan secara umum dan sistem pendidikan agama Islam di Indonesia. Termasuk praktik pengajaran sekolah di Indonesia,” kata Education Leader Usaid Bangladesh Mohammad Shahidul Islam.
Menurut Shahidul Islam, dari hasil studi banding ini diharapkan bisa diimplementasikan di Bangladesh. Selanjutnya, kata dia, USAID Bangladesh dan pemerintah setempat akan berdiskusi tentang hasil materi pengetahuan yang didapat di IAIN Walisongo.
Sementara, Wakil Rektor IAIN Walisongo Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr Musahadi mengatakan, sistem pendidikan di Indonesia berbeda dengan Bangladesh. “Sistem pendidikan Agama Islam di Indonesia lebih fokus. Sedangkan di Bangladesh cenderung terbuka, sehingga perlu diterapkan sejumlah aplikasi,” bebernya.
Dalam kunjungan kali ini, perwakilan USAID Bangladesh juga didampingi pegiat USAID Indonesia, Yulia, NurCholis, USAID Jawa Tengah dan jajarannya. Sebelumnya, rombongan Bangladesh yang difasilitasi USAID-PRIORITAS (Program kerjasama Amerika Serikat-Indonesia untuk praktik pembelajaran yang baik) tersebut telah berkunjung ke sekolah-sekolah di Kabupaten Batang dan Semarang. (MS-06)