Home > METRO BERITA > Sosialita > Usman Ro’in, Menulis Buku untuk Kado Pernikahan

Usman Ro’in, Menulis Buku untuk Kado Pernikahan

Usman Ro'in Foto: metrosemarang.com/dok pribadi
Usman Ro’in
Foto: metrosemarang.com/dok pribadi

 

METROSEMARANG.COM – Membaca buku seolah kegiatan yang tak bisa ditinggalkan oleh Usman Ro’in. Guru di SMP Islam Terpadu Pengajian Ahad Pagi Bersama (SMPIT PAPB) Semarang itu sebisa mungkin meluangkan waktunya untuk membaca. Dia bahkan mewajibkan diri untuk membeli buku setiap bulan untuk menambah wawasan.

Koleksinya pun tak sedikit. Sejak menimba ilmu di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, Usman sudah mengoleksi banyak judul buku. “Saya mulai tertarik membaca buku sejak 2000,” kata lelaki kelahiran Bojonegoro, 28 Agustus 1982 itu.

Maklum saja, lelaki yang tinggal di Jalan Syuhada Tlogosari Semarang itu punya hobi menulis. Mulai dari topik pendidikan hingga keagamaan. Untuk kebiasaan itu dia harus rajin-rajin membaca.

Dia mengaku tertarik menulis karena merasa tertantang. “Kenapa kok saya membaca buku terus. Saya juga ingin bisa menulis,” ujarnya kepada metrosemarang.com, baru-baru ini.

Melalui belajar otodidak, Usman semakin mantap dan giat menekuni dunia menulis. “Setiap hari saya selalu menyempatkan untuk menulis catatan harian,” katanya.

Perjuangan Usman akhirnya membuahkan hasil. Saat ini tulisannya sering terbit di berbagai media cetak, baik lokal maupun nasional.

Bagi Usman, menulis membuatnya merasa tenang. Dia bisa mencurahkan empati dan keluh kesahnya melalui kata-kata. “Saya terbiasa menulis hal-hal yang dekat dengan kehidupan saya,” jelasnya.

Usman bahkan telah menerbitkan sebuah buku berjudul “Langkah itu Kehidupan”. Buku itu sekaligus kado pernikahannya yang digelar Oktober 2013 lalu karena diluncurkan bersamaan. (CR-06)