Home > METRO BERITA > VIDEO: Cuaca Buruk Tangkapan Nelayan Tambak Lorok Menurun

VIDEO: Cuaca Buruk Tangkapan Nelayan Tambak Lorok Menurun

METROSEMARANG.COM – Nelayan Tambak Lorok Semarang mengeluh tangkapan ikan akhir-akhir ini menurun. Bahkan beberapa bulan terakhir hasil tangkapan tak bisa menutup biaya perbekalan. Menurut mereka cuaca buruk menjadi penyebabnya.

Saat cuaca bagus nelayan Tambak Lorok bisa mengantongi sedikitnya 100 ribu rupiah dalam sekali melaut. Namun saat cuaca buruk seperti sekarang ini pendapatan jauh menurun. Bahkan bisa dibilang merugi.

Seperti dikemukakan oleh seorang nelayan, Bambang yang harus menghidupi 2 orang anaknya sementara tankapan ikan menurun dan biaya operasional semakin tinggi.

Dalam sekali berangkat para nelayan membutuhkan biaya perbekalan sedikitnya 1 juta rupiah. Meliputi biaya bahan bakar kapal maupun konsumsi. Tingginya curah hujan ditengarai menjadi penyebab turunnya tangkapan ikan. Bahkan Bambang yang melaut hingga perairan Karimunjawa pun tak memperoleh hasil seperti yang diharapkan.

Nelayan Tambak Lorok berharap cuaca buruk tak berlangsung lama. Pasalnya, dengan kondisi cuaca seperti ini nelayan akan menderita kerugian yang lebih besar.

videojurnalis: efendi mangkubumi/metrosemarang.com

Tinggalkan Balasan