Home > METRO BERITA > Wacana Full Day School, Noor Achmad: Anak Juga Punya Hak Bermain

Wacana Full Day School, Noor Achmad: Anak Juga Punya Hak Bermain

METROSEMARANG.COM – Wacana Mendikbud Muhadjir Effendy terkait full day school memantik kontroversi. Noor Achmad, anggota Komisi X DPR RI meminta agar wacana tersebut dikaji lebih mendalam.

Noor Achmad  Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Noor Achmad
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

“Harus dipertimbangankan matang-matang. Jika anak full di sekolah kapan waktu untuk bermain, mereka masih dalam usia untuk bermain,” ungkap Noor Achmad saat kunjungan kerja ke Semesta Boarding School Gunungpati, Kamis (11/8) sore.

Menurutnya hak anak-anak untuk punya waktu bermain harus pula diperhatikan. Dia juga menyoroti beban para guru yang dipastikan bakal bertambah berat karena mereka setidaknya harus berada di sekolah selama 16 jam.

Mantan rektor Universitas Wahid Hasyim ini juga menuturkan, kondisi kota yang jadi langganan macet juga perlu diperhatikan. “Anak-anak di Jakarta bisa sampai rumah pukul 10 malam. Semarang juga termasuk langganan macet saat jam pulang kerja, makanya harus benar-benar dikaji,” imbuhnya.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin menuturkan bahwa di Semarang sendiri sudah ada yang menerapkan full day school, meskipun baru sekolah swasta. “Karena masih wacana, sebatas konsepsi, jadi kami juga menunggu peraturan pelaksanaannya lebih detail,” jelasnya. (vit)