Home > METRO BERITA > GADGET & TEKNO > Wahai Orang Tua, Pasang Aplikasi Ini di Gadget Anda

Wahai Orang Tua, Pasang Aplikasi Ini di Gadget Anda

image
Ilustrasi

Saat ini, media pembelajaran bagi anak-anak sudah sangat berkembang. Jika jaman dahulu kita harus pergi ke kebun binatang untuk melihat rusa asli, saat ini anak-anak cukup melihat tayangan video di gadget untuk mengenali bentuk rusa.

Ya, mengajari anak bermain gadget memang tidak selamanya berdampak negatif. Namun kita juga harus pandai agar gadget bisa tetap berperan positif pada perkembangan kognisi anak. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi khusus anak-ana maupun parental control, seperti ulasan yang dikutip dari Chip Online berikut ini :

1. Kid Place

Aplikasi untuk Android ini mampu melidungi data pribadi dan membatasi aplikasi tertentu untuk anak. Aplikasi Kid Place akan mencegah anak mengunduh aplikasi baru, menelpon, atau melakukan aktivitas lain yang mengeluarkan biaya. Dengan Kids Place, Anda bisa lebih leluasa melepas anak Anda yang berusia empat tahun bermain dengan gadget-nya tanpa rasa khawatir.

 2. AppNotifier

Saking asyiknya bermain dengan gadget, anak Anda tanpa sengaja sering membeli aplikasi tanpa sepengetahuan Anda. Mungkin tak terlalu jadi masalah jika harganya murah. Namun, bagaimana jika harga aplikasi tersebut cukup menguras kantong Anda? Dengan AppNotifier, Anda akan terhindar dari masalah ini. Setiap kali ada pembelian aplikasi, AppNotifier akan memberitahukan Anda melalui e-mail dan memblok aplikasi tersebut dari proses unduhan.

3. Kid Mode

Aplikasi Kid Mode akan mengoptimalisasi gadget, sehingga anak dapat leluasa bermain aplikasi sesuai dengan umur dan kemampuannya dalam mengembangkan kreativitasnya. Yang menarik, aplikasi ini juga dapat melakukan video chat dengan anggota keluarga lainnya. Kid mode dapat mengunci panggilan telepon. Setiap minggu, aplkasi ini akan mengirimkan surel yang menginformasikan fitur-fitur gadget yang diakses oleh anak Anda.

4. Norton Online Family

Jika Anda memberikan akses online untuk anak, Anda bisa mencoba Norton Online Family untuk memantau aktivitas internet anak, seperti memblok halaman yang tidak Anda inginkan, atau mengetahui dengan siapa dia melakukan chatting, sehingga dapat terhindar dari cyberbullying.

5. Phone Control

Jika Anda termasuk orangtua yang paranoid, Phone Control mampu memonitor semua yang terjadi dengan gadget yang digunakan anak Anda. Aplikasi ini akan memberitahukan semua SMS yang masuk dan keluar, tak terkecuali pengambilan foto, panggilan telepon, dan lokasi gadget. Jangan khawatir akan ketahuan oleh anak, sebab semua kemampuan tersebut berjalan tanpa sepengetahuan anak Anda, bahkan tampilan ikon aplikasi ini sekalipun. (ren)