Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Wahai Para Pencari Kerja, Jangan Cantumkan 10 Kata Ini dalam Resume Anda!

Wahai Para Pencari Kerja, Jangan Cantumkan 10 Kata Ini dalam Resume Anda!

ilustrasi
ilustrasi

Menulis resume personal bisa saja menjadi urusan yang cukup menguras otak. Sebab melalui resume-lah Anda harus dapat meyakinkan manajer HRD sebuah perusahaan bahwa Anda-lah sosok karyawan yang mereka cari.

Nah menurut Career Expert LinkedIn, Nicole Williams, jika Anda sedang mencari pekerjaan, sebaiknya jangan cantumkan 10 kata ini dalam resume, yakni :

  1. Bertanggungjawab
  2. Strategis
  3. Kreatif
  4. Efektif
  5. Sabar
  6. Ahli
  7. Organisasional
  8. Terdorong
  9. Inovatif
  10. Analitis

Menurut LinkedIn, kata bertanggung jawab adalah kata yang paling banyak digunakan para pencari kerja di tahun 2011 hingga 2012. Dan jika Anda mendapati satu atau beberapa kata di atas dalam resume Anda, itu bukan kabar baik.

“Jika Anda terlihat seperti orang lain, maka Anda tak lebih hebat dari para profesional yang sama-sama berjuang mencari kerja,” kata Nicole.

Meski demikian tak berarti Anda harus mengulik lembar demi lembar kamus thesaurus untuk menemukan padanan kata di atas. Jika Anda tidak dapat memikirkan kata lain yang harus digunakan, Nicole merekomendasikan Anda untuk mendeskripsikan contoh konkret untuk mengilustrasikan bahwa Anda seseorang yang bertanggungjawab, strategis, kreatif, dan lain sebagainya. Di situs seperti LinkedIn, Anda juga dapat mengunggah foto dan video untuk memberikan ilustrasi ini. Jadikan diri Anda menarik dan tidak biasa. (ren)