Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Wahai Para Wanita, Inilah Misteri di Balik Diamnya Lelaki!

Wahai Para Wanita, Inilah Misteri di Balik Diamnya Lelaki!

ilustrasi (foto: pixgood.com)
ilustrasi (foto: pixgood.com)

Anda pasti pernah mengalami kebingungan ketika pasangan Anda tiba-tiba jadi pendiam. Anda berusaha membuatnya segera kembali seperti sebelumnya, namun bukannya mendapatkan suasana yang mencair malah terjadi pertengkaran antara Anda dan pasangan.

Saat seorang laki-laki sedang diam, ini tidak selalu berarti dia sedang marah. Bisa saja dia sedang mencari solusi atas sebuah masalah yang dia alami.

Menurut buku Why Men Don’t Listen and Women Can’t Read Maps (2006) karya Allan dan Barbara Pease, seperti dikutip dari Intisari, ketika lelaki mempunyai masalah, ia akan bicara pada dirinya sendiri; sementara seorang wanita akan memilih bicara kepada orang lain.

Seorang lelaki berbicara di dalam kepalanya. Ia tidak memiliki area otak yang kuat untuk bicara sehingga cara bicara di dalam kepalanya itu cocok baginya. Sehingga laki-laki yang tertekan tidak mau bicara kepada siapapun.

Karena itulah, ketika sedang tertekan oleh masalah-masalah atau bersedih, seorang pria akan menutup diri dan berhenti bicara. Ia menggunakan otak kanannya untuk mencoba mengatasi masalahnya atau menemukan solusinya.

Sementara itu, ia berhenti menggunakan otak kirinya untuk menyimak dan berbicara. Otaknya hanya mampu melakukan ‘satu hal dalam satu waktu’. Ia tidak dapat menyelesaikan masalahnya sambil menyimak.

Kebisuannya acapkali membuat Anda merasa kesal dan ketakutan. Namun, ketimbang memaksanya untuk segera bicara, sebaiknya tinggalkan dia sendirian. Beri dia waktu sendiri untuk berpikir dan mencari solusi atas masalahnya. (ren)