Home > METRO BERITA > Wakili Indonesia, SMA 3 Semarang Bidik Juara di Ajang Asia Pacific Company of the Year

Wakili Indonesia, SMA 3 Semarang Bidik Juara di Ajang Asia Pacific Company of the Year

METROSEMARANG.COM – Usai memenangkan lomba dalam ajang Student Company pada Agustus tahun lalu, akhirnya siswa SMA 3 Semarang akan segera berangkat menuju Tokyo Jepang. Mereka akan mewakili Indonesia di ajang Asia Pacific Company of the Year (Apcoy) pada 19-23 Februari.

Para siswa SMA 3 Semarang yang akan mewakili Indonesia di Jepang. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Delegasi SMA 3 tersebut berangkat atas nama perusahaan siswa milik mereka yang bernama Great, Golden, Ganesha Student Company (3GSC) dan bertolak ke Jepang, Sabtu (18/2) besok. Perusahaan yang digawangi 14 siswa SMA 3 ini akan mengenalkan produk mereka yang telah menang di tingkat nasional sebelumnya yaitu Tas Trilogic.

“Kita mewakili Indonesia di ajang Asia Pasific Company of the Year (Apcoy) dari 19-23 Februari,” kata salah satu wakil perusahaan, Camelia Gaby saat press conference di gedung Multimedia SMA 3, Kamis (16/2).

Ajang internasional tersebut diikuti 13 negara se Asia Pacific dan SMA 3 adalah satu-satunya perwakilan dari Indonesia. Ajang ini diinisiasi oleh Junior Achievement yang di Indonesia sendiri dikelola oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Gaby menambahkan, ia dan rekannya telah mendapat pembekalan di Jakarta oleh PJI juga dari pihak sekolah. Di Jepang nanti, mereka akan mempresentasikan produk perusahaan mereka berupa tas multifungsi yang diberi nama Tas Trilogic.

Menurut Gaby, produk tas buatan mereka yang sudah sampai pada tas generasi ketiga. Tas itu diklaim memiliki fungsi yang lebih banyak dan unggul dari dua generasi sebelumnya.

Selain memamerkan produk, Gaby mengaku jika nantinya mereka juga akan menjelaskan tentang perusahaan 3GSC yang mereka kembangkan. Mulai dari visi misi hingga program CSR.

“Kami ingin membuat produk yang berkualitas tapi khas. Dalam produksi tas, kami juga memberdayakan penjahit lokal yang profesional,” imbuhnya.

Sebagai satu-satunya wakil Indonesia, Gaby berharap ia dan teman-temannya bisa meraih juara pertama. Ia dan rekannya yang kini telah duduk di kelas XI juga akan terus melanjutkan perusahaan yang telah mereka bangun sejak kelas X.

“Harapannya tentu juara 1, ke depannya kita tetap ingin agar 3GSC bisa berjalan apalagi ini dimulai sejak kami belum paham banyak hal sampai sekarang,” tandasnya.

Wiharto Kepala SMA 3 mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi anak didiknya. Namun ia tetap menginginkan agar prestasi akademik mereka tidak dinomorduakan.

Program CSR yang telah mereka laksanakan adalah dengan pembagian Tas Trilogic gratis kepada anak panti asuhan. Prosedurnya yaitu setiap penjualan 10 Tas Trilogic akan dibagikan 1 tas gratis.

“Sejauh ini kami sudah membagikan 17 tas gratis, karena baru 170 tas yang terjual,” ujarnya. (vit)