Home > METRO BERITA > Wali Kota Ditantang Sediakan Bus Sekolah Gratis

Wali Kota Ditantang Sediakan Bus Sekolah Gratis

METROSEMARANG.COM – Pemkot Semarang kembali diminta menyediakan layanan mobil gratis bagi pelajar. Selain mencegah para pelajar mengendarai kendaraan sendiri juga mengurangi kepadatan lalu lintas.

Bus Rapit Transit menjadi transportasi vital bagi pelajar. Foto: metrosemarang.com/dok

“Tiap daerah sudah punya inovasi sendiri untuk memberikan layanan transportasi umum yang humanis, melihat karakteristik daerah dan kemampuan finansial. Pemkot Semarang seharusnya juga begitu,” kata pengamat transportasi Unika Soegijapranata Semarang, Joko Setijowarno, Selasa (11/4).

Dia mengatakan, di daerah lain di kota-kota besar sudah ada yang memberikan layanan angkutan gratis dengan diberi identitas stiker Bus Sekolah. Di Kota Semarang perlu keberanian pemerintah setempat khususnya wali kota, untuk juga merealisasikan bus sekolah gratis.

Nantinya, katanya, perlu dilakukan kajian mendalam sebelum bus sekolah gratis tersebut diluncurkan. Ia yakin hal ini tidak sulit dan berat, karena saat ini pemkot nyatanya juga sudah memberikan layanan transportasi gratis kepada wisatawan.

“Wisatawan yang akan berbelanja di pusat oleh-oleh Pandanaran dan keliling objek-objek wisata di sekitar sudah disediakan mobil gratis” katanya.

Diakui, sekarang memang sudah ada BRT Trans Semarang yang memberikan tarif khusus hanya Rp 1.000 kepada pelajar. Namun, hal itu perlu ditindaklanjuti dengan penyediaan angkutan khusus pelajar dan gratis. (duh)