Home > METRO BERITA > Wali Kota Semarang Serahkan Barang Gratifikasi ke KPK

Wali Kota Semarang Serahkan Barang Gratifikasi ke KPK

image
Barang-barang yang diduga gratifikasi yang diberikan kepada Wali Kota Semarang yang diserahkan ke KPK. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyerahkan barang-barang yang diduga gratifikasi (pemberian) dari masyarakat kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Berupa bingkisan parcel Lebaran, Natal, dan Tahun Baru 2014. Tercatat ada 16 jenis barang senilai jutaan rupiah yang diberikan ke komisi rasuah.
 
Penyerahan dilakukan Kepala Inspektorat Kota Semarang Cahyo Bintarum di ruang kerjanya, Selasa (7/10/2014) siang, setelah dilakukannya sosialisasi tentang gratifikasi khusus kepada pegawai Inspektorat oleh Direktorat Gratifikasi KPK. Sosialisasi ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi di Inspektorat.
 
Selain parcel berbentuk barang juga berbentuk makanan yang sudah diberikan kepada masyarakat kurang mampu. ‘’Untuk gratifikasi berbentuk makanan sudah kami laporkan ke KPK dan diizinkan untuk langsung dibagikan kepada warga kurang mampu karena takut basi atau busuk. Sementara yang berbentuk barang ini, harus dilaporkan dan diserahkan,’’ kata Cahyo Bintarum.
 
Dijelaskan, barang-barang yang diduga merupakan grativikasi diserahkan ke Dirjen Kekayaan Negara. Untuk selanjutnya, barang tersebut dilelang dan uangnya dimasukkan ke kas negara. Cahyo menambahkan, jumlah gratifikasi di tahun ini turun sekitar 30% dibanding jumlah gratifikasi di tahun 2012.
 
‘’Rata-rata gratifikasi diberikan saat Lebaran dalam bentuk parcel makanan dan barang. Penerima terbanyak adalah wali kota, sekda dan beberapa pejabat lain,’’ tukasnya.
 
Cahyo menambahkan pihaknya hanya bersifat memfasilitasi penyerahan barang-barang gratifikasi ini ke KPK. Selain itu, pihaknya juga semakin getol memberikan sosialisasi terkait upaya penolakan pemberian grativikasi dari masyarakat atau rekanan kerja.
 
Staf Direktorat Grativikasi KPK Sugiarto menyambut baik inisiatif Inspektorat menyerahkan barang gratifikasi ini. Pihaknya bahkan pernah memberikan penghargaan kepada Pemkot Semarang karena selalu memfasilitasi penyerahan gratifikasi yang diterima para pejabatnya. (MS-13)