Home > METRO BERITA > Wali Kota: Semarang Tak akan Maju Jika Hanya Andalkan APBD

Wali Kota: Semarang Tak akan Maju Jika Hanya Andalkan APBD

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Hendrar Prihadi menegaskan Kota Semarang tidak akan bisa maju dengan hanya mengandalkan dana APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Apalagi saat ini nilai APBD Kota Semarang hanya sebesar Rp 4,8 triliun.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menerima penghargaan TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik di Stadion Manahan, Jumat (25/8). Foto: istimewa

‘’Kota Semarang tidak akan bertambah maju dan besar jika hanya mengandalkan APBD Pemkot Semarang yang nilainya hanya sebesar Rp 4,8 triliun,’’ katanya, Rabu (1/11).

Menurut wali kota yang akrab disapa Hendi, butuh sinergi dan kerjasama antara pemerintah dengan stakeholder. Baik para pengusaha, warga Kota Semarang maupun para stakeholder lainnya sehingga kota ini akan menjadi lebih maju dan hebat.

‘’Hanya andalkan APBD kita nggak bisa. Per hari ini APBD kita (Kota Semarang) hanya Rp 4,8 triliun. Jakarta yang satu provinsi hanya Rp 70 triliun, Bandung Rp6 sekian triliun, Makasar senilai 6 koma sekian triliun. Kalau Kota Semarang hanya andalkan APBD akan terus tertinggal,’’ tegasnya.

Hari ini, contoh keterlibatan pengusaha dalam membangun Kota Semarang, adalah pembangunan revitalisasi Taman KB menjadi Taman Indonesia Kaya, yang dibantu oleh dana CSR (corporate social responsibility) dari Djarum Foundation.

‘’Kita libatkan stakeholder. Semua (harus) berjalan beriringan dan insyallah, konsep ini tidak hanya Djarum. Perusahaan besar lainnya juga akan ikut membantu,’’ kata Hendi. (duh)