Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Wanita, Beranilah Ambil Resiko

Wanita, Beranilah Ambil Resiko

ilustrasi
ilustrasi

 

Kebanyakan wanita yang berkarir di sebuah perusahaan acapkali dipandang tidak mampu menyelesaikan masalah. Salah satu penyebabnya adalah karena wanita cenderung tidak berani mengambil resiko.

Ada pula wanita yang cenderung peragu dan tidak tegas, sehingga dalam mengambil sebuah keputusan penting, mereka harus meminta masukan dari banyak orang terlebih dahulu. Meminta masukan dari pihak lain bukanlah hal yang salah. Namun ini bisa menjadi bumerang bagi wanita, yang akan membuat mereka dianggap tidak layak mengisi sebuah posisi penting di perusahaan.

Bagi Anda, para wanita, berikut ini adalah kiat saat hendak mengambil keputusan penting, sebagaimana ditulis di Nice Girls Don’t Get the Corner Office: 101 Kesalahan Perempuan yang Menghambat Karier Mereka, yang diulas dalam Intisari Online.

1. Bersikaplah berani mengambil resiko, dimulai dari hal-hal yang sederhana dan sepele. Bertindaklah tanpa harus menunggu masukan dari teman di sekitar Anda. Jangan takut dikritik. Ingat saja, dalam pengambilan keputusan selalu ada pihak yang pro dan kontra. Anda tidak mungkin bisa menyenangkan kedua pihak. Maka pilihlah keputusan yang menurut Anda paling benar.

2. Bertanyalah kepada diri sendiri apa yang akan dialami jika mengambil tindakan mandiri. Cobalah menggali mekanisme internal yang membuat Anda tergantung pada persetujuan orang-orang di sekeliling Anda, lalu bersikaplah percaya diri.

3. Ambillah resiko pada saat yang tepat. Namun untuk hal-hal tertentu, misalnya yang berhubungan dengan orang banyak, biaya besar, maupun menyangkut keputusan yang lebih tinggi, Anda tetap sah-sah saja untuk meminta persetujuan maupun masukan dari orang lain. Akan tetapi, ambillah keputusan yang menurut Anda benar, bukan yang menurut orang lain benar. (Ren)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link