Home > METRO BERITA > Warga Pendrikan Lor Minta PKL Krokosono dan Indraprasta Ditertibkan

Warga Pendrikan Lor Minta PKL Krokosono dan Indraprasta Ditertibkan

image
Ilustrasi penertiban PKL

SEMARANG – Warga Kelurahan Pindirikan Lor, Kecamatan Semarang Tengah, meminta Pemkot Semarang melakukan penataan pedagang kaki lima (PKL) di wilayah Kokrosono dan Indraprasta. Keberadaan PKL di wilayah tersebut selama ini dinilai mengganggu kenyamanan warga.
 
Salah satu warga RW 6 Pindrikan Lor Harsono mengatakan, selama ini banyak PKL yang kucing-kucingan dengan masuk di gang-ngang. Mereka membuka lapaknya di gang karena sebenarnya memang tidak boleh berjualan di wilayah Kokrosono. Sehingga hal itu mempengaruhi keamanan dan kelancaran wilayah tersebut.
 
‘’Kami menjadi merasa terganggu karena keberadaan PKL itu masuk sampai ke gang-ngang. Kami menjadi merasa tidak nyaman dan aman karena kelancaran mobilitas kami terganggu,’’ kata Harsono Jumat (5/9/2014)
 
Warga juga meminta Pemkot agar memfasilitasi pembuatan jalan alternatif Indraprasta. Selama ini sejak Jalan Indraprasta dibuat satu arah, banyak pengguna jalan dan warga sekitar yang selalu menerobos jalur tersebut. Sehingga menimbulkan banyak kerawanan kecelakaan yang bisa terjadi. ‘’Jalan alternatif bisa dibuat di sebelah selatan pinggir rel,’’ kata Harsono.
 
Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menjelaskan persoalan PKL butuh proses untuk menyelesaikannya. Menurutnya tidak mudah untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Karena hal itu menyangkut hajat hidup orang banyak.
 
Namun tak berarti Pemkot akan diam saja. Pihaknya akan mencarikan solusi terbaik mengatasi persoalan tersebut. ‘’Namun itu semua harus didukung semua oleh warga Kota Semarang,’’ katanya.
 
Persoalan Jalan alternatif Indraprasta, kata Hendi, sapaan akrabnya, akan kaji ulang terlebih dahulu bersama pihak tekait. Misalnya Polrestabes Semarang dan Bina Marga Provinsi Jawa Tengah. Ia meminta warga untuk bersabar. ‘’Baru kami akan rencanakan dalam anggaran DPA Dinas terkait,’’ tegasnya. (MS-13)