Home > MUDIK 2014 > Waspadai Sabotase, Tim Gabungan Periksa Jalur KA di Pantura

Waspadai Sabotase, Tim Gabungan Periksa Jalur KA di Pantura

image
Petugas gabungan memeriksa jalur kereta api di sepanjang Pantura Kendal. Foto Metro

KENDAL – Dengan menggunakan kereta lori, Selasa (22/7/2014) siang, petugas gabungan Polisi, TNI dan PT KAI melakukan pemeriksaan dan patroli bersama menyusuri jalur kereta api dari Stasiun Kalibodri Pegandon hingga perlintasan kereta api Sudipayung sepanjang 10 kilometer. Patroli ini dilakukan untuk mengecek persiapan jalur kereta api dan mengantisipasi aksi pencurian dan sabotase.

Jalur kereta api sepanjang 10 kilometer ini rawan kejahatan dan banyak aksi pencurian bantalan rel. Selain itu jalur ganda yang sudah beroperasi membuat  kondisi jalur rawan. Selain melakukan patroli menyusuri jalur kereta api petugas juga memeriksa baut bantalan rel di perlintasan dan kabel sinyal untuk memastikan keamanan perjalanan kereta api saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2014.

Sebagian besar bantalan sudah diganti dengan bantalan beton, sehingga jarang ditemukan baut yang kendur atau terlepas. Petugas juga memeriksa kondisi perlintasan kereta api  yang tidak berpalang pintu  serta kondisi perlintasan dekat Stasiun Kalibodri.

Kapolsek Pegandon AKP Eko Prasetyanto  mengatakan pengecekan rel dilakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang menggunakan kereta api. “Saat ini ada lima perlintasan sebidang  yakni ada dua perlintasan memakai palang pintu dan tiga perlintasan tanpa palang pintu,” katanya. (MS-05)