Home > METRO BERITA > Sosialita > Widya Andhika Aji: Sukses Bisnis Online Lewat Dhievine

Widya Andhika Aji: Sukses Bisnis Online Lewat Dhievine

Widya Andhika Aji
Widya Andhika Aji

Bakat berjualan sudah dimiliki Widya Andhika Aji sejak kecil. Saat SD, dia hobi membuat kalung manik-manik, yang kemudian dijualnya kepada teman-temannya. Ketika dewasa, wanita yang meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dari Undip dan Sarjana Psikologi dari Unika Soegijapranata ini, menciptakan brand fesyen, Dhievine, yang produknya diminati banyak wanita di penjuru Nusantara.

Widya, demikian dia disapa, memulai usaha produksi baju, rok, dress dan tas berbahan dasar batik dan tenun sejak tahun 2009 lalu. Waktu itu, dia hanya dibantu seorang karyawan untuk memproduksi baju-baju batiknya. Pemasaran produk dilakukannya secara online, yakni melalui situs www.dhievine.com, Instagram, Facebook Dhievine, hingga bekerja sama dengan online shopping mall seperti BerryBenka, Hijabenka dan Buy8wood.

Pemasaran secara online membuat produk-produk yang ditawarkannya pun cepat terjual hanya dalam hitungan jam saja. Bahkan, produk Dhievine lebih dikenal di kota-kota besar lain di Indonesia, antara lain, Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Papua, Banjarmasin, dan Samarinda. Pembelinya pun lebih banyak yang berasal dari Jakarta ketimbang dari Semarang, yang nota bene adalah base town. Kini, Widya telah mempekerjakan 10 orang karyawan.

Salah satu kunci agar produknya selalu diminati adalah ketekunan Widya untuk melakukan inovasi dan menciptakan desain baru. Setiap bulan Widya merilis dua seri koleksi produk, di mana tiap seri berisi 12 desain baju yang berbeda-beda. Dan semua desain diproduksi terbatas, hanya enam buah per desain.

“Desain baru ini tujuannya bikin masyarakat biar ingin beli lagi dan lagi. Kalau produknya cuma itu-itu saja, pembeli akan merasa beli satu saja sudah cukup. Tapi kalau produknya banyak, kan bisa merangsang pembeli untuk membeli lebih dari satu produk,” ungkap siswa Lembaga Pengajaran Tata Busana Susan Budihardjo ini. (ren)