Home > METRO BERITA > Windro Tak Bosan Ingatkan Anak Buahnya Tolak Pungli

Windro Tak Bosan Ingatkan Anak Buahnya Tolak Pungli

image
AKBP Windro Akbar turun langsung melakukan penertiban becak bermotor. Foto Metrosemarang/dok satlantas polrestabes

SEMARANG – Menjaga kewibawaan Polri di tengah sorotan maraknya kasus pungli, tentunya bukanlah pekerjaan ringan. AKBP Windro Akbar Panggabean pun menyadari itu. Sebagai Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang, dia bakal menjadi orang pertama yang akan ‘didakwa’ jika ada polisi yang melakukan pungli di jalan raya.

Pria Medan kelahiran 18 September 1974 itu tak pernah bosan mengingatkan anak buahnya agar menjauhi praktik-praktik suap seperti pungli. Windro pun tak mau dianggap lepas tangan atas tindakan anggotanya di lapangan.

“Saya tegaskan, jika masih ada anggota saya yang masih nekat melakukan pungli, implikasi hukum tetap dilaksanakan. Hukuman terkecil adalah di-black list untuk tidak berdinas di lalu lintas lagi. Dan saya bertanggung jawab penuh terhadap anggota lalu lintas yang melakukan penyimpangan suap ini,” tandasnya, Selasa (26/8).

Mantan Wakapolres Lombok Barat ini menegaskan, larangan pungli sudah sering disampaikan baik dalam pertemuan maupun dalam apel pagi. Tak hanya di pos polisi lalulintas (poslantas), tetapi juga anggota yang bertugas di pos pelayanan pembuatan SIM dan STNK di kantor Samsat.

Selain itu, Windro juga rutin melaksanakan siraman rohani setiap Kamis pagi untuk seluruh anggota. “Semua usaha pencegahan sudah kami lakukan. Tapi, semua itu kembali lagi ke diri masing-masing dan masyarakat untuk tidak memancing anggota kami melakukan pungli,” pungkasnya. (les)