Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Wisuda ke-37, Akpelni Luluskan 451 Mahasiswa

Wisuda ke-37, Akpelni Luluskan 451 Mahasiswa

Wisuda ke-37 Akpelni tahun 2014. Foto Metrosemarang/dok
Wisuda ke-37 Akpelni tahun 2014. Foto Metrosemarang/dok

SEMARANG –  Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni) mewisuda 451 Perwira Remaja dan Diploma III di Kampus Akpelni Jalan Pawiyatan Luhur Bendan Dhuwur, akhir pekan kemarin. Wisuda ke-37 diikuti taruna dari Nautika, Teknika dan Tata Laksana.

Wisudawan terbaik dari jurusan Nautika diraih Mega Purnomo dengan IPK 3,45. Sedangkan dari jurusan Teknika adalah Dini Suawal dengan IPK 3, 29 dan dari Tata Laksana, Resti Rofiana dengan IPK 3,60. Upacara Wisuda Akpelni berlangsung di halaman kampus dengan inspektur upacara Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas Kapten Karolus G Sengadji MM. Hadir Upacara Wisuda Direktur Akpelni Drs Djayari MSi, dan beberapa kolega dari Akpelni serta dari orangtua wisudawan.

Dalam pidatonya, Karolus berpesan agar Akpelni harus benar-benar mempersiapkan diri dan harus selalu berbenah diri. “Akpelni harus siap mengimplementasikan STCW 1978 Amandemen 2010 dengan kebutuhan sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar, mengingat penyelenggara pendidikan yang berkualitas tidak bisa dipisahkan dari ketersediaan sarana dan prasarana,” jelasnya.

Menurut Karolus, Akpelni juga harus bisa memanfaatkan Information and Comunication Technology (ICT) untuk mendukung sistem informasi terpadu di seluruh unit yang ada sehingga secara keseluruhan akan mendatangkan dampak yang positif bagi institusi. “Dan yang paling terpenting, Akpelni harus mampu menjalin kerjasama dengan dunia internasional agar penyelenggaraan pendidikan di sini bisa berjalan dengan baik dengan tujuan agar dapat menyalurkan para taruna-taruninya praktik bekerja di kapal asing,” tegasnya.

Direktur Akpelni Drs Djayari MSi menambahkan, pada 2018 mendatang Akpelni bisa menjadi Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Maritim yang diakui secara nasional dan internasional. “Pelayanan harus ditingkatkan, terutama implementasi standar manajemen mutu ISO 9001:2008 yang segera berubah menjadi ISO 9001:2015,” pungkasnya.

Seusai upacara wisuda, secara simbolis Akpelni juga mendapatkan bantuan satu buah bus dari para alumni dan dilanjutkan juga peletakan batu pertama pembangunan pembangunan gedung untuk kolam renang, laboratorium dan asrama. (joe)