Home > METRO BERITA > GADGET & TEKNO > Wow, Latihan Pemain Setan Merah Diawasi Kamera Rp 10 Miliar

Wow, Latihan Pemain Setan Merah Diawasi Kamera Rp 10 Miliar

image

DI tahun pertamanya berkiprah sebagai pelatih Setan Merah, Manchester United, Louis Van Gaal sudah melakukan sebuah gebrakan. Sebagaimana dikabarkan stasiun tv olahraga, ESPN, perlengkapan kamera pelacak seharga £500,000 atau setara dengan Rp 10 miliar telah dipasang di sekitar area latihan klub sepak bola tersebut di Carrington, Inggris, khusus untuk mengawasi pergerakan pemain saat sesi latihan.

Dalam sebuah wawancara dengan media, bek MU, Johnny Evans mengatakan, “Kami menggunakan kamera itu di saat berlatih sehingga dia (Van Gaal) bisa mengawasi pergerakan kami. Banyak tim sepak bola menggunakannya (kamera pemantau), tapi kami menggunakan perlengkapan yang lebih detail. Dia berkata ‘kamu seharusnya 5 meter lebih dekat’. Kami dapat melihat sesuatu dari kamera seperti apa yang sedang terjadi di lapangan,” katanya.

Bukan hanya kamp latihan saja yang dipasangi jaringan kamera pelacak oleh Van Gaal. Beberapa waktu sebelumnya, klub ini melakukan tur pra-musim di AS, dan perlengkapan kamera itu telah digunakan untuk menganalisa pergerakan pemain selama pertandingan.

Bukan hal yang sulit untuk dipahami mengapa teknologi seperti ini akan sangat berguna untuk sepak bola. Sebab olahraga yang membutuhkan kecepatan memiliki banyak hal-hal yang bergerak dan hal ini terjadi di area yang cukup luas. Maka bukan hal yang mustahil jika nantinya gambar yang direkam kamera-kamera baru tersebut dikirimkan secara langsung ke jaringan TV kabel di rumah kita. Wow! (ren)