Home > METRO BERITA > Wujudkan Semarang Kota Sehat, Hendi Janjikan Angkutan Ramah Lingkungan

Wujudkan Semarang Kota Sehat, Hendi Janjikan Angkutan Ramah Lingkungan

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi melantik 24 Pengurus Forum Kota Sehat di Ruang Lokakrida Balai Kota Semarang, Selasa (26/4) siang. Tim ini nantinya diharapkan memberikan rekomendasi-rekomendasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang agar terwujud Kota Semarang yang sehat.

Pelantikan Forum Kota Sehat oleh Wali Kota Hendrar Prihadi di Ruang Lokakrida, Balai Kota Semarang, Selasa (26/4). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Pelantikan Forum Kota Sehat oleh Wali Kota Hendrar Prihadi di Ruang Lokakrida, Balai Kota Semarang, Selasa (26/4). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Tim Forum Kota Sehat terdiri dari unsur Kepala SKPD, unsur kesehatan, kecamatan, akademisi dan lain-lain. Para pengurus diharapkan langsung bisa turun ke lapangan agar tahu kondisi yang dialami masyarakat. Setelah itu, pendampingan kepada masyarakat sangat diharapkan agar nantinya partisipasi masyarakat yang lebih besar untuk mewujudkan visi Kota Sehat tersebut.

“Jika ada yang menenemukan rumah yang kurang sehat, seperti belum ada jandelanya, ventilasi kurang, saluran pembuangan belum maksimal, segera laporkan. Jika perlu akan ada tim bedah rumah yang menangani jika memang dibutuhkan,” papar Wali Kota dalam sambutannya.

Tidak hanya kondisi kesehatan di lingkungan sekitar hunian, pengurus Kota Sehat juga diharapkan juga mampu mendorong masyarakat untuk mengurangi penggunaan transportasi pribadi. Tentu saja dengan memberi solusi transportasi umum yang ramah lingkungan dan nyaman.

“Kita beri mereka opsi untuk menggunakan transportasi umum agar polusi terkurangi. Dengan demikian udara juga akan lebih bersih dan sehat,” tukasnya. (ade)