Home > METRO BERITA > GADGET & TEKNO > Xiaomi Redmi 1S: Spek Ciamik, Harga Tak Mencekik

Xiaomi Redmi 1S: Spek Ciamik, Harga Tak Mencekik

Xiaomi Redmi 1S
Xiaomi Redmi 1S

 

Xiaomi akhirnya memasarkan salah satu smartphone unggulannya di Indonesia, Redmi 1S. Dibekali dengan prosesor quad core Snapdragon 400 berkecepatan 1,6 GHz, smartphone ini sangat mengungulkan antarmuka yang dimilikinya, yakni MIUI. Di dalam smartphone Redmi 1S ini, Xiaomi telah membenamkan sistem operasi 4.3 Jelly Bean dengan antarmuka MIUI v5.

Keunggulan lainnya, smartphone yang memiliki bentang layar 4,7 inci 720p ini, juga dibekali dengan RAM sebesar 1 GB dan memori internal sebesar 8 GB. Di pasar tanah air, Redmi 1S ditawarkan dengan harga sangat terjangkau, yakni hanya Rp. 1.499.000.

Redmi 1S memiliki dimensi 137 x 69 x9,9 mm, berat sekitar 158 gram. Jika dibandingkan dengan Moto G yang diproduksi oleh Motorola, Redmi 1S memiliki selisih 15 gram lebih berat.

Namun, hal itu bukanlah sebuah kendala, karena Redmi 1S terlihat lebih kokoh, elegan dan nyaman saat digenggam. Tidak hanya itu, penutup bagian belakang smartphone ini juga dirancang dengan lekukan di kedua sisinya serta memiliki sudut-sudut tumpul sehingga tidak menimbulkan rasa sakit di tangan walaupun digunakan dalam waktu  lama.

Oleh Xiaomi, bagian penutup belakang Redmi 1S dibuat dari material plastik dengan sentuhan tekstur yang didominasi warna abu-abu. Menariknya, penutup belakang smartphone ini dapat Anda lepas dan Xiaomi juga menjanjikan kepada penggunanya ketersediaan penutup belakang dengan beragam warna pilihan.

Masih berbicara bagian belakang Redmi 1S, Xiaomi telah menyisipkan speaker, kamera utama 5 MP yang telah ditopang dengan LED flash serta logo Xiaomi yang cukup mencolok dengan sentuhan aksen silver di bagian bawah. Jika penutup bagian belakang dibuka, Anda akan menemukan dua slot Sim Card (WCDMA – GSM), slot microSD yang memiliki daya tampung hingga 64 GB dan baterai yang dapat dilepas berkapasitas 2000 mAh.

Pada bagian depannya, Redmi 1S memiliki desain yang tidak berbeda dengan kebanyakan smartphone Android lainnya. Selain dukungan layar 4,7 inci 720 x 1280, Anda juga bisa menemukan kamera sekunder 1,6 MP, speaker untuk percakapan saat bertelepon, LED notifikasi di bagian bawah dan tiga tombol kapasitif (Recent Apps, Home dan Back) dengan aksen warna merah.

Layar smartphone ini telah mengadopsi teknologi AGC Dragontrail sehingga tidak perlu khawatir jika tergores benda tajam. Dukungan IPS di layar juga terlihat optimal sehingga sudut pandang smartphone ini cukup luas dan warna yang dihadirkan terlihat lebih cerah. Sedangkan kerapatan layar yang dimiliki Redmi 1S ini mencapai 312 ppi.

Xiaomi juga tak banyak menyematkan tombol fungsional ke dalam perangkatnya. Hanya ada tombol Volume dan tombol Power atau penguncian layar yang diletakkan di sisi kanan. Ada pula port microUSB untuk proses mengisi ulang baterai serta transfer data via kabel ke perangkat lainnya, seperti PC atau notebook berada di bagian bawah. Sementara itu, colokan Audio 3,5 mm dapat Anda temukan di bagian atas.

Sumber: Chip