Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > XL Future Leader, Melatih Masyarakat & Menerapkan Ilmu Pengetahuan

XL Future Leader, Melatih Masyarakat & Menerapkan Ilmu Pengetahuan

Filter Air Martapura
Filter Air Martapura

Bandung – Mahasiswa peserta program XL Future Leader dituntut mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang didapatkannya di masyarakat sekelilingnya. Tidak sekadar wacana, semua peserta angkatan pertama saat ini sedang terlibat dalam berbagai proyek sosial di berbagai daerah. Program yang telah berjalan antara lain adalah proyek filter air di Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Sementara itu di Kota Wisata Yogyakarta, akhir September 2014 ini mereka akan memulai proyek pengajaran Bahasa Inggris untuk pengemudi becak.

Vice Presiden Corporate Communication XL – Turina Farouk mengatakan, “Proyek itu mereka rancang sendiri, termasuk juga menjalin hubungan dengan masyarakat penerima manfaat dan dukungan dari pihak lain. Melalui proyek-proyek itu mareka bisa menerapkan lmu dan pengetahuan yang telah didapatkan dari program Future Leader”.

Pada proyek air bersih di Martapura, para mahasiswa yang kuliah di Universitas Lambung Mangkurat itu, mengajarkan cara membuat filter air sederhana. Proyek ini dimulai sejak akhir Agustus dan rencananya akan dilakukan terus secara berkala. Proyek ini memang ditujukan kepada masyarakat Desa Mekar, Martapura Timur, yang bermukim di pinggiran sungai Martapura. Warga menggunakan air sungai untuk mencukupi kebutuhan sehari hari termasuk air minum, hingga aktivitas mandi cuci kakus. Padahal, tingkat pencemaran sungai  mencapai ambang batas yang dapat membahayakan kesehatan penduduk.

Kegiatan mereka mendapatkan apresiasi dari masyarakat setempat dan para pemuka warga. Mereka berharap semakin banyak warga yang bergabung dalam pelatihan ini. Targetnya, setiap RT akan memiliki minimal satu alat penyaring air. Mereka berharap bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat sehingga proyek sosial ini bisa lebih maksimal memberikan manfaat bagi warga.

Sementara itu, sejumlah mahasiswa peserta XL Future Leader di Yogyakarta akan segera memulai proyek pengajaran Bahasa Inggris bagi para pengemudi becak. Pada tahap awal, mereka akan menjaring peserta dari para pengemudi becak yang biasa mangkal di sekitaran Jl. Malioboro, yang biasa mengantar wisatawan asing.

Ide proyek ini muncul dari kenyataan kurangnya kemampuan berbahasa Inggris yang dimiliki para pengemudi becak. Padahal mereka sebenarnya adalah duta wisata Yogya yang biasa mengantar wisatawan asing keliling kota. Selama ini, komunikasi yang mereka lakukan masih ala kadarnya. Dengan adanya pengajaran ini, para mahasiswa berharap pengemudi becak bisa memiliki kemampuan melayani wisatawan asing lebih baik, yang pada akhirnya akan membawa manfaat lebih bagi mereka sendiri.

Pada tahap awal, para mahasiswa berharap bisa mengajak sedikitnya 15 tukang becak di seputaran Malioboro. Pengajaran Bahasa Inggris akan dilakukan secara berkala 2 kali dan sepekan. Mereka yakin, jika para peserta  bisa merasakan manfaatnya, maka akan lebih banyak rekan mereka yang bergabung. Program ini rencananya akan disosialisasikan juga ke pemerintah daerah untuk mendapatkan dukungan sehingga bisa lebih maksimal.

Selain kedua kegiatan di atas, mahasiswa XL Future Leader juga menjalankan proyek sosial lain di berbagai daerah. Di Madura, mereka membantu warga sekitar Pulau Mandangin untuk mempromosikan potensi wisata yang ada. Di Medan, mereka membuka kelas Bahasa Inggris gratis untuk remaja. Di Pekanbaru Riau mereka membantu upaya pelestarian budaya Melayu, Jakarta, mereka mengajarkan ketrampilan kepada penyandang cacat. Sementara itu di Bandung, mereka antara lain memberikan pelayanan sosial bagi anak-anak yang bermukim di suatu lokalisasi.

Program XL Future Leaders sudah memasuki tahun ke-3, dengan total  sebanyak 255 peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi terkemuka di seluruh Indonesia. XL Future Leader menekankan pada pengembangan pendidikan soft skill mengenai kepemimpinan, berkomunikasi secara efektif dan jiwa kewirausahaan serta inovasi. (mam)