Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > XL Tingkatkan Kecepatan Internet hingga 30 Persen

XL Tingkatkan Kecepatan Internet hingga 30 Persen

METROSEMARANG.COM – PT XL Axiata Tbk (XL) mulai menjajaki penerapan teknologi modulasi 4×4 MIMO 256 QAM (Quadrature Amplitude Modulation). Teknologi ini meningkatkan kecepatan sebesar 30 persen divatas teknologi 4×4 MIMO yang sudah diterapkan oleh XL saat ini, hingga mencapai lebih dari 360 Mbps untuk lebar spektrum yang sama (20 MHz).

Foto: metrosemarang.com/istimewa

VP LTE XL, Rahmadi Mulyohartono, menjelaskan, keunggulan yang bisa XL dapatkan dari penerapan teknologi modulasi 256 QAM adalah peningkatan kapasitas dan peningkatan kecepatan downlink akses hingga 30 persen dengan lebar pita spektrum yang sama. Perbedaan teknologi ini dengan MIMO 4×4 (4T4R) yang telah diimplementasikan oleh XL adalah pada teknologi modulasi yang digunakan yaitu  256 QAM.

“Penerapan teknologi modulasi 256 QAM ini kini sedang dalam persiapan, dan akan diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan akan kapasitas dan kualitas layanan ke pelanggan. Dalam persiapan ini, XL didukung pula oleh Ericsson,” ungkapnya, Senin (16/1).

Mengenai rencana pengembangan layanan XL 4G LTE di tahun 2017, XL akan terus membawa layanan ini ke lebih banyak kota lagi, termasuk kota-kota kecil dan di luar Jawa. (ade)