Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Yamaha Gandeng Pegadaian Lakukan Inovasi Penjualan

Yamaha Gandeng Pegadaian Lakukan Inovasi Penjualan

METROSEMARANG.COM – Yamaha tak hanya melakukan inovasi dalam hal teknologi, tetapi juga pelayanan prima terhadap konsumen. Baru-baru ini, Deta Group selaku main dealer sepeda motor Yamaha menggandeng PT Pegadaian (Persero) untuk membuat terobosan demi memudahkan konsumen mendapatkan unit kendaraan bermotor.

Direktur Utama PT. Batavia Intan Berlian, Netty Suarti dan Direktur Pengembangan Produk dan Pemasaran PT. Pegadaian (Persero), Harianto Widodo. Foto: dok yamaha
Direktur Utama PT. Batavia Intan Berlian, Netty Suarti dan Direktur Pengembangan Produk dan Pemasaran PT. Pegadaian (Persero), Harianto Widodo. Foto: yamaha-motor.co.id

Kerjasama tersebut dalam program Amanah Chanelling pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor, yang dilakukan untuk memudahkan konsumen mendapatkan sepeda motor Yamaha dengan jaminan ketersediaan unit melalui Pegadaian.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Direktur Utama PT. Batavia Intan Berlian, Netty Suarti dan Direktur Pengembangan Produk dan Pemasaran PT. Pegadaian (Persero), Harianto Widodo di komplek Kantor Cabang Pegadaian Karawang, Jumat (16/9). Hadir pula Executive Vice President PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti dan Direktur Utama PT. Pegadaian (Persero), Riswinandi.

Menurut Dyonisius Beti, dengan jumlah nasabah Pegadaian mencapai 7 juta orang, menjadi potensi besar bagi Yamaha untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, jaringan 4.455 outlet Pegadaian yang tersebar di seluruh Indonesia juga mendukung distribusi produk Yamaha.

“Kerjasama ini memiliki nilai strategis baik untuk Yamaha maupun Pegadaian. Kami berharap ke depannya kerjasama ini dapat dikembangkan tidak hanya di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Lampung, tetapi menjangkau sampai ke seluruh Indonesi,” kata Dyonisius Beti, seperti dikutip dari website resmi Yamaha Indonesia.

Dia menambahkan, jaringan outlet Pegadaian yang sampai ke pedesaan memungkinkan distribusi sepeda motor Yamaha sampai ke pelosok negeri. “Tentunya ini baik untuk bisnis Yamaha dan Pegadaian,” imbuh Dyonisius Beti, yang juga menjabat Chief Operating Officer, Yamaha Motor Company.

Kerjasama dengan Yamaha ini diwujudkan dalam produk Pegadaian yaitu Amanah, yakni berupa pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil. Kendaraan yang masuk dalam produk ini tidak hanya kendaraan baru, melainkan juga kendaraan bekas pakai. Nasabah Pegadaian bisa mendapatkan sepeda motor Yamaha dengan uang muka minimal 20%, dengan angsuran paling lama 36 bulan.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Riswinandi menyatakan bahwa produk pembiayaan kendaraan bermotor (Produk Amanah) merupakan produk yang dicetuskan oleh SBU Syariah. Untuk memperluas jangkauan pelayanan kepada nasabah, produk ini juga dipasarkan di Pegadaian konvensional dengan sistem Chanelling.

“Saat ini produk Amanah baru dilayani di outlet-outlet Pegadaian Syariah sebanyak 611 outlet. Dengan sistem Chanelling ini, kami menargetkan pada akhir tahun ini dapat dilayani di 3.250 outlet baik konvensional maupun Syariah yang tersebar di seluruh Indonesia,” pungkasnya. (*)