Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > YouTube dan Blog Bisa jadi Ladang Bisnis yang Menguntungkan

YouTube dan Blog Bisa jadi Ladang Bisnis yang Menguntungkan

METROSEMARANG.COM – Peluang bisnis di era digital terbuka lebar bagi anak-anak muda yang kreatif. Ekonom dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Nugroho SBM menyebutkan, YouTube dan Blog juga bisa menghasilkan uang bagi mereka yang bisa memanfaatkannya.

Ekonom dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Nugroho SBM. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Ekonom dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Nugroho SBM. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Sekarang banyak anak muda yang memanfaatkan YouTube dan Blog untuk bekerjasama dengan para podusen. Dengan memasukkan konten yang berisi testimoni produk atau review produk, saat ini para YouTuber dan Bloger mendapat banyak keuntungan,” kata dia dalam Seminar Mengembangkan Wirausaha Muda yang Inovatif dan Berbasis Digital, Rabu (30/11).

Selain kedua media tersebut, para web designer juga mendapat imbas positif berkembangnya promosi melalui media digital dan internet. “Yang sedang tren dan masih terbuka lebar perkembangannya adalah bisnis membuat aplikasi mobile, startup dan jasa internet marketing,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini ada sekitar 30 persen pengusaha di Indonesia yang mengunakan fasilitas internet untuk pemasaran produknya. Pemanfaatan media sosial yang gratis pun belum dimanfaatkan secara maksimal untuk keperluan usaha.

Namun sayangnya, lanjut Nugroho, di Indonesia masih banyak daerah yang belum mendapatkan akses internet yang merata, terutama daerah pinggiran. Masalah kecepatan internet yang masih kalah jauh dengan negara tetangga juga menjadi faktor kerdilnya usaha yang berhubungan dengan dunia digital dan internet. (ade)

Tinggalkan Balasan