Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Yoyok Siapkan Tim untuk Selamatkan Personel PSIS yang Terkena Sanksi

Yoyok Siapkan Tim untuk Selamatkan Personel PSIS yang Terkena Sanksi

Yoyok Sukawi Foto Metrosemarang
Yoyok Sukawi
Foto Metrosemarang

SEMARANG – Sanksi yang dijatuhkan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI terhadap personel PSIS membuat gerah Yoyok Sukawi. CEO PT Mahesa Jenar Semarang (MJS) ini bakal mengambil tindakan untuk menyelamatkan armadanya dengan membentuk tim pembelaan.

Komdis PSSI melalui ketuanya Hinca Panjaitan menyampaikan bahwa dari kubu PSIS ada 24 personel yang dijatuhi sanksi. Mereka terdiri dari 18 pemain dan enam ofisial tim, termasuk manajer, pelatih beserta asistennya.

“Kami akan bentuk tim khusus untuk mereka yang terkena sanksi. Tim ini akan bertugas memberikan pembelaan sesuai aturan PSSI, FIFA dan kode disiplin PSSI 2014,” kata Yoyok di Sekretariat PSIS, Jalan Ki Mangunsarkoro, Jumat (21/11).

Hanya saja, kata dia, tim tersebut akan mulai bekerja setelah turunnya surat resmi terkait sanksi yang dijatuhkan Komdis. “Sampai saat ini kami masih menunggu surat resminya. Setelah itu, tim akan mempelajari untuk menyusun materi pembelaan di Komisi Banding (Komding),” tegasnya.

Menurut Yoyok, langkah tersebut merupakan bentuk tanggung jawab klub terhadap seluruh komponen tim PSIS, baik pemain maupun ofisial yang terkena sanksi akibat tudingan memainkan sepakbola gajah saat bertemu PSS Sleman.

“Ketua tim, kami akan menunjuk Pak Kairul Anwar (GM PSIS). Beliau nantinya akan dibantu beberapa pengacara untuk memberi pembelaan. Intinya, kami tidak akan lepas tangan dan tetap bertanggung jawab untuk menyelesaikan permasalahan ini,” tandas politisi Demokrat ini.

Sesuai keputusan Komdis yang dibacakan Hinca Panjaitan, Kamis (20/11), ke-24 personel PSIS dijatuhi hukuman cukup berat. Mereka dilarang beraktivitas sepakbola mulai satu tahun hingga seumur hidup. Mereka juga dibebankan membayar denda yang mencapai Rp 2 miliar. (*)