Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Yunus Cedera, Eko Siapkan Opsi Tiga Penyerang

Yunus Cedera, Eko Siapkan Opsi Tiga Penyerang

METROSEMARANG.COM – Playmaker PSIS Muhammad Yunus dikabarkan mengalami cedera serius dan dikhawatirkan bakal absen saat timnya menjamu PSIR Rembang, Sabtu (20/8). Kondisi ini memaksa pelatih Eko Riyadi harus menyiapkan strategi alternatif, termasuk kemungkinan memainkan tiga penyerang secara bersamaan.

Dwi Chandra (depan) disiapkan sebagai salah satu opsi di lini serang PSIS. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Dwi Chandra (depan) disiapkan sebagai salah satu opsi di lini serang PSIS. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Cedera yang dialami Yunus didapat saat menjalani sesi latihan pagi, Kamis (18/8). Gelandang asal Temanggung itu terjatuh dalam perebutan bola dengan rekannya, Akhsay Rismawanto.

“Yunus sedikit mengalami memar di bagian pinggul. Kami akan pantau kondisinya sampai besok pagi,” kata Eko Riyadi.

Kehilangan Yunus bisa menghadirkan masalah buat Mahesa Jenar. Sejak bergabung di musim 2014 silam, pemain bernomor 7 itu memang menjadi nyawa permainan Mahesa Jenar.

Jika sebelumnya Yunus lebih sering beroperasi di belakang striker, musim ini Eko melakukan perubahan dengan memberinya peran sebagai double pivot berduet dengan Ahmad Agung. Meski produktivitas golnya menurun, namun peran baru tersebut justru semakin menegaskan Yunus sebagai jenderal di lini tengah Mahesa Jenar.

“Saya berharap cedera Yunus tidak serius, sehingga dia bisa main lawan PSIR. Jika terpaksa absen, tentunya kami juga sudah menyiapkan beberapa opsi. Bisa saja ada perubahan skema menjadi 4-4-2 atau 4-3-3,” beber Eko.

Selama ini pelatih 48 tahun itu identik dengan farmasi 4-2-3-1, dengan Johan Yoga diplot sebagai striker tunggal. Jika harus memainkan tiga striker, Eko bisa jadi bakal menugaskan Hari Nur dan Jordan Foranda sebagai penyerang sayap.

“Wage, Feri Ariawan, Dwi Chandra, maupun Dani juga bisa mengisi pos penyerang sayap. Kalaupun tetap pakai 4-2-3-1, Yogi, Edy Anto dan Anhar Latif juga bisa menggantikan peran Yunus. Semua akan kami siapkan dalam sesi latihan terakhir besok pagi,” ujarnya.

Sementara, tim medis PSIS bakal berusaha keras memulihkan cedera M Yunus. Dokter tim Djoko Trihadi berujar jika pemain berusia 28 tahun itu mengalami cedera punggung (low back pain).

“Malam ini sudah kami tangan dan alhamdulillah nyeri dan memar sudah berkurang,” kata dia.

Namun, tim medis belum berani memastikan apakah Yunus bisa pulih tepat waktu. Hal itu baru akan ketahuan setelah dilakukan pemindaian besok pagi.

“Rencana besok dilakukan rongent untuk memastikan apakah ada tulang yang retak atau patah. Jika perlu akan dipasang korset lumbal (sabuk pinggang) untuk mempercepat proses penyembuhan,” tegasnya. (twy)