1.000 Personel Kepolisian Amankan May Day di Semarang

METROSEMARANG.COM – Sekitar 1.000 personel kepolisian siap amankan perayaan hari buruh atau May Day di Semarang, Selasa (1/5) besok. Para personel tersebut akan mengamankan perayaan May Day yang dipusatkan di dua titik yakni di depan Gedung Pemerintahan Provinsi Jateng Jalan Pahlawan dan Balaikota Semarang, Jalan Pemuda.

pengamanan mayday
Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polrestabes Semarang, AKBP Iga DP Nugraha. (foto: metrosemarang.com/Efendi)

“Jumlah personel itu merupakan gabungan Polrestabes Semarang dan juga backup dari Dit Sabhara Polda Jateng sama Brimob Polda Jateng. Kami juga sudah berkoordinasi sama polres tetangga seperti Polres Semarang, Polres Kendal, dan Polres Demak untuk mengawal bagi masyarakat yang ikut melaksanakan aksi di Kota Semarang,” ujar Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polrestabes Semarang, AKBP Iga DP Nugraha saat ditemui di kantornya, Senin (30/5).

Dari laporan yang masuk ke pihak Prestabes Semarang, rencananya akan ada sekitar 10 ribu masa aksi May Day. Dipusatkan di dua tempat, ribuan masa akan berangkat dari beberapa titik berbeda. Diantaranya depan RRI di Jalan Ahmad Yani, Titik Nol Kilometer, serta Krapyak.

“Data yang masuk ke kami ada sekitar 7-10 ribu massa. Meteka juga ada macam-macam hiburan di setiap titik pusat, mang tidak ada panggung besar,” imbuh Iga. Iga juga mengatakan, pengamanan kali ini pasti akan lebih sulit dibandingkan dengan perayaan May Day 2017 lalu. Pasalnya titik pusat berada di dua lokasi dan ditempat terbuka.

“Kalau tahun lalu enak bisa di Gor Tri Lomba Juang, semua satu lokasi. Kalau sekarang akan lebih berat karena titik pusatnya juga ada dua. Namun meskipun begitu kami yakin akan  berlangsung kondusif. Dari seluruh jajaran polsek juga akan mengawal di tiap-tiap lokasi keberangkatan menuju titik pusat,” pungkas Iga.

Sementara, Iga menghimbau kepada masyarakat di luar Kota Semarang tidak perlu mengikuti aksi di Ibu Kota Jawa Tengah. Ia menyarankan untuk merayakan di kota masing-masing. Dari Semarang sendiri belum ada laporan adanya masa yang berangkat merayakan aksi di Jakarta. (fen)

You might also like

Comments are closed.