100 Unit Rumah Tidak Layak Huni Akan Diperbaiki Tahun Ini

bedah rumah semarang
Ketua Baznas Kota Semarang Arnas Agung Andrarasmara dan Ketua Gapensi Devry Alfiandi melakukan penandatanganan kerjasama bedah rumah. (Foto: istimewa)

 

METROSEMARANG – Sebanyak 100 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ditargetkan dapat direhab pada tahun ini oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menyampaikan zakatnya melalui Baznas.

Ketua Baznas Kota Semarang Arnas Agung Andrarasmara mengatakan, tahun ini mentargetkan perolehan zakat dari masyarakat mencapai sebesar Rp6 miliar. Kegiatan bedah rumah ini termasuk salah satu upaya untuk mencapai target zakat tersebut.

‘’Kami kerjasama dengan Gapensi (Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia), namun dari 100 unit hanya 25 yang kami kerjasamakan,’’ kata Arnas, Kamis (12/4).

Menurutnya, target bedah rumah tersebut lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya memperbaiki 50 rumah. Setiap rumah yang direhab mendapatkan anggaran Rp12,5 juta. Dan telah dilakukan survei termasuk oleh kelurahan setempat.

‘’Kami menerima pengajuan rehab rumah tidak layak huni dengan kriteria warga yang kurang mampu dan setelah disurvei akan dilakukan perbaikan secara bertahap,’’ jelasnya.

Program bedah rumah ini juga diklaim untuk mendukung program Pemerintah Kota Semarang. Sebab di Semarang masih ada ribuan rumah tidak layak huni yang butuh dukungan banyak pihak untuk memperbaikinya. (duh)

You might also like

Comments are closed.