124 PKL Barito Mulai Tempati Eks Pasar Klithikan Penggaron

METROSEMARANG.COM – Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) Barito yang berada di Kelurahan Rejosari Kecamatan Semarang Timur akhirnya pindah ke Pasar Barito Baru di Penggaron Kecamatan Pedurungan. Proses pindahan dilakukan pada Jumat (2/2) pagi.

Pindahan PKL Barito ke Pasar Barito Baru di eks Pasar Klithikan Penggaron. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Pemindahan dilakukan setelah sebelumnya sempat terjadi tarik ulur yang cukup lama. Pedagang sempat menolak direlokasi karena alasan beberapa fasilitas di relokasi Penggaron dinilai kurang memadai.

Peresmian proses pindahan pedagang ke lokasi Pasar Barito Baru yang berdekatan dengan Terminal Penggaron ini, dipimpin oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto.

Mbak Ita, sapaan karib Wakil Wali Kota Semarang, mengatakan, dengan direlokasinya PKL Barito di wilayah Kelurahan Rejosari maka normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) akan segera dikebut pelaksanaannya.

‘’Kami berharap agar proses pemindahan PKL dapat dilaksanakan secepat mungkin sehingga pengerjaan normalisasi sungai BKT dapat dikebut kontraktor pelaksana,’’ katanya.

Menurutnya, Pasar Barito Baru di Penggaron dibangun Dinas Perdagangan Kota Semarang dengan nilai lebih dari Rp16,6 miliar. Dia sempat meninjau secara detail bangunan pasar yang selesai dibangun pada akhir tahun kemarin itu setelah melakukan peresmian.

Hal yang masih menjadi perhatiannya, adalah masih perlu dilakukannya pengerasan dan pavingisasi akses jalan ke pasar bagi pedagang. Dia juga meminta sisa lahan di sebelah bangunan los pedagang dapat diratakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan pedagang.

‘’Sisa lahan itu dapat dimaksimalkan diratakan lalu digunakan untuk pembangunan kios tambahan bagi PKL Barito lainnya yang belum terakomodir,’’ katanya.

Salah satu PKL Barito Sukarjo mengaku, dirinya sudah mendapatkan kunci kios dan segera akan memindahkan semua barang dagangannya ke PKL Barito Baru. Begitu juga para pedagang PKL Barito yang lainnya. Diakui pindahan hari ini belum membawa barang dagangan, karena banyak sekali barang yang harus dibawa.

Menurutnya, para pedagang menargetkan pemindahan semua barang dagangan akan selesai pada pertengan bulan ini. Adapun jumlah pedagang yang pindah ke PKL Barito Baru di Penggaron ada 124 pedagang terdiri dari blok 1 sampai 6.

Dengan pemindahan para PKL ini juga secara resmi Pasar Barito Baru digunakan sebagai nama baru, menggantikan nama Pasar Klithikan Penggaron. (duh)

You might also like

Comments are closed.