149 Mahasiswa Lulus Pelatihan Bela Negara di Yonif 400/Rider

image
Foto Metrosemarang/dok

SEMARANG – Sebanyak 149 mahasiwa dari mahasiswa Undip, Untag, Unisula, IAIN Walisongo, PIP, dan Polimarin dinyatakan lulus pelatihan bela negara yang dilakukan di Yonif 400 Rider.

Komandan Batalyon 400/Rider Mayor Inf Heri Bambang Wahyudi mengatakan, lulusan pelatihan bela negara harus mampu mengembangkan kemampuan secara terarah dan terus menanamkan jiwa nasionalisme serta kejuangan.

Heri menyebutkan, dalam pelatihan yang dilakukan selama tiga hari sejak Selasa 21 Oktober hingga Kamis 23 Oktober lalu, seluruh mahasiswa mendapatkan pelatihan layaknya militer.

“Seluruh mahasiswa mampu mengikuti dengan baik seluruh proses pelatihan, mulai dari PBB, menembak, out bond, alrm steling, caraka malam, Jalan Peta, hingga karya bakti. Selain itu juga dipekali dengan pengetahuan tentang TNI AD,” katanya.

Dijelaskannya, seluruh rangkaian pelatihan tersebut siapkan khusus untuk mengembangkan kemampuan anggota Mahasiswa yang terarah kepada tujuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai penerus perjuangan bangsa, komponen Pembela Negara, dan komponen Pembangunan Nasional.

Heri menambahkan, pelatihan tersebut merupakan bagain dari upaya Kodam IV/Diponegoro, untuk menggugah semangat patriotisme pemuda Indonesia sebagai seorang mahasiswa sehingga dapat dan bisa lebih mencintai Tanah Air serta sikap rela berkorban demi kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia.

“Perlu dipahami bahwa konsepsi bela negara dapat diartikan secara fisik dan non fisik. Secara fisik dilakukan dengan mengangkat senjata menghadapi serangan atau agresi musuh dan secara non fisik dilakukan dengan upaya meningkatkan rasa nasionalisme, menanamkan kecintaan kepada tanah air,” katanya.

Diharapkan, dengan semakin banyaknya mahasiswa dan pelajar yang mengikuti pelatihan Bela Negara, kesadaran dan semangat rela berkorban kepada negara dan bangsa semakin tinggi. (*)

You might also like

Comments are closed.