20 WNA Dideportasi, Mayoritas Langgar Izin Tinggal

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 20 warga negara asing (WNA) dideportasi dari Jawa Tengah lantaran melanggar izin tinggal sementara di sejumlah daerah. Mayoritas WNA yang dipulangkan ke negara asalnya itu berasal dari Cina, Malaysia, Singapura, Inggris dan Iran.

Petugas imigrasi menangkap WNA asal Cina yang menyalahi izin tinggal beberapa waktu lalu. Sebanyak 20 WNA dari beberapa negara terpaksa dideportasi karena melanggar izin tinggal. Foto: dok
“Ada perusahaan mendatangkan orang asing tidak sesuai izin tinggal, tidak ada izin kerja disnaker. Ada yang overstay,” ungkap Kepala Kantor Imigrasi Semarang, M Hanif Rozariyanto, di kantornya Jalan Siliwangi, Selasa (19/12).

Hanif menyatakan puluhan WNA itu meliputi 12 laki-laki dan delapan perempuan.

Menurutnya WNA yang dideportasi kebanyakan ditangkap di Grobogan. Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kanim Semarang, Indarto Sri Mulyono mengungkapkan ada banyak modus tiap WNA agar dapat tinggal lama di Jawa Tengah.

Mereka ada yang mengelabuhi petugas imigrasi dengan menggunakan izin wisata. Tapi fakta di lapangan yang bersangkutan tepergok sedang bekerja.

Kasus pelanggaran izin tinggal terbanyak, tambahnya dilakukan warga negara Tiongkok. Petugasnya mendeportasi 13 warga negara Tiongkok.

“Selain itu ada yang terlibat penyelundupan narkoba, perempuan asal Iran kemudian dideportasi,” terang Indarto. (far)

You might also like

Comments are closed.