2016, Ongkos Mutasi Pajak Motor di Jateng Gratis

METROSEMARANG.COM – Perwakilan kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Wilayah 3 Semarang pada tahun ini menggratiskan ongkos bea balik nama (BBN) sepeda motor yang akan dimutasi masuk dari luar provinsi.

Paur Samsat Wilayah 3 Semarang Iptu Hadi mengatakan pembebasan biaya pajak khusus sepeda motor ini juga telah diberlakukan secara menyeluruh di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Ilustrasi Foto: metrosemarang.com
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com

“Jadi memang sekarang sudah berjalan programnya tidak hanya di Semarang tapi juga semua daerah di Jateng,” kata Hadi saat dihubungi wartawan, Selasa (10/5) siang.

Menurutnya, pembebasan BBN ini diterapkan sejak 1 April 2016 dan berakhir pada 31 Desember 2016 mendatang. Pemberlakuan peraturan ini, kata Hadi, dengan menggandeng DPKAD di tiap daerah.

“Untuk lebih jelasnya bisa dikonfirmasikan juga ke petugas DPKAD yang mengurusi hal ini,” sambungnya.

Penggratisan BBN sepeda motor ini, ia menyatakan tentunya menjadi peningkatan layanan bagi Samsat sekaligus diharapkan mampu mendongkrak gairah masyarakat Jateng untuk membayar pajak kendaraannya setiap tahun.

Ia mengklaim dengan aturan ini maka ke depan mampu menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) yang dihasilkan dari pemungutan pajak bermotor. Samsat tahun ini juga menggratiskan biaya administrasi untuk pendaftaran mutasi kendaraan bermotor asal luar provinsi.

Sementara itu, Ditlantas Polda Jateng belum merespons hal ini saat dikonfirmasi secara terpisah oleh wartawan. (far)

Comments are closed.