24 Juta APK Disiapkan untuk Sukseskan Pilkada Jateng

METROSEMARANG.COM – Tak kurang dari 24 juta alat peraga kampanye (APK) akan dipasang di semua daerah Jawa Tengah untuk menyukseskan gelaran kampanye Pilkada serentak tahun ini.

Kampanye Damai Pilkada serentak 2018. Foto: metrosemarang.com/dok

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan saat ini menunggu penerbitan izin pemasangan APK di 35 kabupaten/kota.

“Untuk saat ini, kami sedang mengerjakan pembuatan APK sambil menunggu izin pemasangan diterbitkan oleh tiap pemerintah daerah. Sebab, semua kabupaten dan kota punya perda masing-masing sehingga mereka harus mengurus izin prinsip dan lain-lain terlebih dahulu,” ungkap Joko kepada metrosemarang.com, Rabu (28/2).

Ia menyatakan jumlah APK yang akan dipasang nanti berjumlah 24 juta buah dengan berat keseluruhan mencapai lebih dari 150 ton. “Jenisnya mulai baliho umbul-umbul dan spanduk,” tuturnya.

Meski begitu, ia mengakui bahwa pembuatan APK cenderung lambat lantaran semua desainnya harus direvisi ulang.

Hal ini, katanya karena terbentur aturan larangan memasang foto para pendiri dan presiden pada APK pasangan calon. “Semua desain APK dikoreksi karena dilarang pasang foto mantan presiden Soekarno, Soeharto serta pendiri NU Hasyim Asyari. Kami harus mengubah semua yang tidak sesuai,” tuturnya.

“Selain itu juga disebabkan adanya ketergantungan antara rekanan dengan pasangan calon. Kami sudah berusaha mengebut proses pencetakan selama lima hari tetapi lagi-lagi molor. Karena kan jumlahnya mencapai 24 juta lembar,” pungkas Joko. (far)

You might also like

Comments are closed.