24 Tim Robotik Tingkat SMA Bersaing di Dinusfest

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 24 tim robotik tingkat SMA/SMK sederajat beradu dalam acara Dinus Robotic Competition rangkaian dari Ekspo Dinusfest 2016 yang berlangsung hari ini, Selasa (22/3). Peserta kompetisi merupakan saringan dari dua regional yakni Semarang dan Pati. Masing-masing regional diambil 12 tim untuk mengikuti kompetisi selanjutnya.

Dosen pendamping kompetisi robot Sari Ayu Wulandari mengatakan, sebelum melakukan kompetisi peserta terlebih dahulu mengikuti pelatihan di kampus Udinus. Hari berikutnya baru melakukan kompetisi.

Salah satu peserta sedang menyetting robotnya setelah mengalami masalah menjelang finish. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Salah satu peserta sedang menyetting robotnya setelah mengalami masalah menjelang finish. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

“Untuk kompetisi ini kita meminjamkan robot dari Udinus. Namun, kita tetap memberikan pelatihan untuk persiapan kompetisi,” kata Wulandari, Selasa (22/3) saat ditemui di aula gedung E kampus Udinus.

Kompetisi robot bertajuk line follower ini diikuti 24 tim yang berasal dari berbagai kota seperti Pati, Kudus, Jepara, Semarang dan Yogyakarta. Masing-masing tim harus beradu cepat menuju finis. Untuk sampai finis, robot harus mampu mendeteksi garis hitam yang sudah dipersiapkan di lantai.

“Kita nilai sampai robotnya finish, jika belum sampai maka dihitung check point jarak tempuh terjauh,” katanya.

Ia berharap, dengan kompetisi ini nantinya bisa menumbuhkan minat siswa untuk menekuni keterampilan merakit robot. Sebab, lanjut Wulandari, stigma masyarakat untuk menekuni robot masih minim karena membutuhkan budget yang cukup besar dan diperlukan keahlian khusus.

“Harapannya anak-anak SMA sejak dini mulai kenal dan suka, tertarik untuk ikut membuat robot. Di Jateng robot belum familier, tidak seperti di Jatim yang mulai banyak digalakkan,” ujarnya. (din)