Si Cantik Victoria Bingung Pertama Kali Nyoblos Kertas Suara

Victoria Andrerira, seorang siswi SMA Negeri 1 Semarang memperlihatkan jarinya yang sudah dicelupkan di tinta usai nyoblos di pemilihan ketua OSIS. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Victoria Andrerira, seorang siswi SMA Negeri 1 Semarang memperlihatkan jarinya yang sudah dicelupkan di tinta usai nyoblos di pemilihan ketua OSIS. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

 

METROSEMARANG.COM – Euforia pesta demokrasi empat tahunan mulai terasa di SMAN 1 Semarang di Jalan Menteri Supeno. Kamis (26/11) pagi, ribuan siswa SMAN 1 antusias mengikuti perhelatan pemilu di sekolahnya.

Tapi, jangan salah sangka bila perhelatan pemilu di sekolah unggulan di Ibukota Jateng itu berbeda dengan gelaran Pilkada serentak. Mereka tidak mencoblos kertas suara bergambar calon kepala daerah, melainkan gambar calon ketua OSIS favoritnya.

Satu di antara ribuan siswa yang semringah ikut gelaran pemilu OSIS tersebut adalah Victoria Andrerira. Siswi Kelas XII Jurusan IPA, tersebut tampak senang tatkala hendak memasuki bilik suara.

“Senang sekaligus bingung mau nyoblos yang mana karena baru pertama kali ikut pemilihan ketua OSIS,” kata gadis berparas cantik tersebut, kepada metrosemarang.com di tenda pemilihan suara.

Meski begitu, ia mengatakan telah diberi tahu oleh gurunya agar memanfaatkan momentum coblosan ketua OSIS sebagai sarana pembelajaran untuk mengetahui tahapan demi tahapan dalam pemilihan suara. Sebab, sekolahnya telah mendesain konsep pemilu OSIS semirip mungkin dengan pemungutan suara di bursa Pilkada serentak.

“Sudah dikasih tahu sama guru untuk memilih salah satu calon sesuai hati nurani. Dan memang saat saya masuk ke bilik suara nuansanya kayak pemilu. Di dalam kertas suara terdapat tiga calon yang harus dicoblos salah satunya,” terang Victoria.

Si cantik berusia 17 tahun tersebut mengaku cukup antusias mengikuti model pemilihan suara mirip Pilkada tersebut. Dengan begitu, ia jadi tahu apa sajakah mekanisme yang harus dilalui pemilik hak suara saat mencoblos di tanggal 9 Desember 2015 nanti.

Selain Victoria, masih ada sebanyak 1.640 siswa dan 104 pengajar di SMAN 1 yang ikut pemilihan OSIS Kamis (26/11) siang.

Mereka wajib melakukan tahapan pemungutan suara seperti gladi resik di halaman sekolah, upacara bendera, mencoblos di bilik suara, memasukan surat suara ke dalam kotak suara hingga menuntaskan rekapitulasi suara.

Rangkaian pemilihan ketua OSIS  di SMAN 1 dimeriahkan pula oleh atraksi belasan cheerleaders serta festival band yang digelar di halaman sekolah hingga sore hari. (far)

 

You might also like

Comments are closed.