Honda Kuasai 68,6 Persen Pasar Motor Nasional

Honda masih menguasai pangsa pasar penjualan sepeda motor tanah air. Foto: dok. Astra Honda Motor
Honda masih menguasai pangsa pasar penjualan sepeda motor tanah air. Foto: dok. Astra Honda Motor

METROSEMARANG.COM – Honda masih memimpin daftar penjualan sepeda motor nasional di tahun 2015. Mengacu data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) periode Januari-Oktober 2015, pabrikan berlogo sayap tunggal ini menguasai 68,6 persen dari total penjualan sepeda motor di tanah air yang mencapai 5.420.810 unit.

Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI mengatakan, penjualan sepeda motor di tanah air mengalami penurunan 19,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Pada 2014, total penjualan sepeda motor di Indonesia mencapai 6.721.865 unit.

“Penjualan di seluruh provinsi mengalami penurunan. Di Kalimantan dan Sumatera malah terjadi koreksi cukup besar dibanding pasar nasional. Di Kalimantan penurunan mencapai 35,2 persen, sedangkan di Sumatera mencapai 25 persen,” kata Sigit di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Menurut Sigit, ada tiga faktor yang memengaruhi daya beli masyarakat, yakni kenaikan harga kebutuhan pokok, kenaikan harga BBM bersubsidi dan penurunan harga komoditas karet. “Penurunan ini berlaku pada semua merek sepeda motor,” papar Sigit.

Kendati demikian, Honda masih menjadi penguasa pasar motor nasional. Bahkan, pangsa pasar Honda meningkat dari 63,2 persen pada Januari-Oktober 2014 menjadi 68,6 persen pada tahun ini.

Namun, secara kumulatif penjualan sepeda motor andalan Grup Astra juga mengalami penurunan 12,5 persen dibanding pencapaian tahun sebelumnya. Hingga Oktober tahun ini, Honda terjual 3.718.675 unit, lebih rendah ketimbang pencapaian pada periode yang sama tahun 2014 sebesar 4.248.218 unit.

Yamaha masih menjadi pengekor terdekat Honda, dengan persentase penjualan 27,7 persen. Angka ini merosot dibanding periode yang sama tahun kemarin, di mana pabrikan garputala mampu merebut pangsa pasar sebesar 31 persen. Tahun ini, sebanyak 1.501.564 unit Yamaha terjual atau menurun 27,9 persen dibanding pencapaian tahun sebelumnya. (twy)

 

 

 

 

You might also like

Comments are closed.