3 Muncikari Sunan Kuning Umroh Setelah Lebaran

SEMARANG – Program pengentasan wanita tuna susila di lingkungan Resos Argorejo, semakin menunjukan hasil positif. Buktinya, ada tiga mucikari di kawasan yang akrab disebut Sunan Kuning itu pada tahun ini dipastikan berangkat ibadah umroh.

sunan kuning semarang

Sejumlah PSK mengikuti penyuluhan kesehatan dan keterampilan di Aula Resos Argorejo. (foto: metrosemarang.com/Fariz Fardianto)

Suwandi Eko Putranto, Ketua Resos Argorejo mengungkapkan ketiga mucikari itu akan umroh usai Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah nanti. “Tiga yang akan umroh habis Lebaran tahun ini,” katanya kepada metrosemarang.com, Kamis (3/5), tanpa menyebut identitas para mucikari yang dimaksud.

Ketiga mucikari yang berangkat umroh itu selama ini bekerja di kawasan prostitusi itu selama 30 tahun. Ia mengaku gembira dengan perubahan perilaku mereka. Sebab, selama ini penghuni Sunan Kuning identik dengan bisnis esek-esek.

Ia menjelaskan tak hanya kali ini saja ada mucikari yang berhasil berangkat ke Tanah Suci Makkah. Beberapa tahun sebelumnya, seorang mucikari bisa naik haji sampai dua kali.

Karena itulah, ia menyayangkan sikap Dinas Sosial Kota Semarang yang abai terhadap keberhasilannya mengentaskan PSK. Dinas Sosial, kata Suwandi, justru berusaha menutup Sunan Kuning pada akhir tahun ini.

“Jika pemerintah mau menutup harusnya semua lokalisasi. Jangan cuma SK. Tahap penutupannya harus ada izin,” tegasnya. Ia pun meminta Dinas Sosial untuk meninjau kembali rencana penutupan itu. “Saya mau kalau dilakukan serentak seluruh Indonesia. Jangan cuma SK saja,” ujar Suwandi. (far)

You might also like

Comments are closed.