300 Penerbit Ramaikan Festival Buku “Lokomotif Ilmu”

METROSEMARANG.COM – Festival Buku bertajuk Lokomotif Ilmu digelar di Gedung Wanita Jalan Sriwijaya mulai hari ini, Rabu (5/4) hingga Selasa (11/4) nanti. Sebanyak 40 stand dengan sekitar 300 penerbit turut meramaikan kegiatan yang diselenggarakan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang dalam rangka Hari Jadi ke-470 Kota Semarang.

Festival Buku di Gedung Wanita Semarang. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Kegiatan ini merupakan ke-10 kalinya digelar dan tak hanya pameran buku namun juga ada berbagai macam perlombaan serta pertunjukan seni.

Panitia acara, Ahmad Heri Nugroho, mengatakan kegiatan ini juga untuk meningkatkan minat baca kepada masyarakat Kota Semarang khususnya. “Kami akan terus membudayakan gemar membaca dengan adanya pameran buku,” ujarnya.

Ada berbagai macam jenis buku yang dijual pada festival ini, yakni buku anak dan remaja, pendidikan, sains, ilmu pengetahuan umum, komputer dan teknik, sosial, sastra, budaya, serta bacaan umum.

Untuk kegiatan seni panitia mengemasnya dengan berbagai macam lomba seperti macapat, lomba menyanyi, dan lomba tari kreasi. “Kami juga mengadakan donor darah,” tambah Heri.

Tak hanya itu, beberapa kegiatan lain seperti alam ekspresi sastra dengan penampilan Jerit Sajak, Akar Sehat, Bengkel Sastra Taman Maluku, dan Tekstural juga ikut memeriahkan kegiatan ini. Untuk musik bakal ada penampilan dari Semarang Ska, serta pada hari Minggu akan ada Sunday Morning yang menyuguhkan komunitas pecinta binatang.

Sementara itu, Gantang Panantar, Marketing Media Pressindo Yogyakarta, mengatakan ketertarikan masyarakat membeli buku di Semarang cukup bagus. Buku yang digemari yakni sastra dan komputer. “Novel dan buku tentang komputer banyak yang beli. Kalau soal sejarah kurang laku,” jelasnya.

Salah satu pengunjung, Tika Ariana mengaku memilih membeli buku saat pameran memang mengasyikkan. “Selain banyak jenis buku, ada diskon dan banyak penerbit yang ikut, sehingga lebih leluasa memilih buku,” tutup Tika. (fen)

You might also like

Comments are closed.