375.472 Anak di Semarang Jalani Vaksinasi Rubella

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 375.472 anak yang tinggal di Kota Semarang menjalani vaksinasi rubella atau kerap disebut measles rubella (MR). Anak-anak sebanyak itu berasal dari sekolah PAUD,TK, SD, SMP hingga SMA/SMK dalam rentang usia 9 bulan sampai 15 tahun.

Pemberian vaksinasi Rubella di SMP Negeri 5 Semarang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Mulai Agustus dilakukan vaksinasi terhadap murid TK sampai SMP kemudian September nanti giliran diadakan bagi anak pra sekolah atau dari usia 0 sampai 4 tahun, di Posyandu atau Puskesmas tanpa dipungut biaya sama sekali,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Widoyono, Rabu (2/8).

Ia mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk memvaksin para pelajar lokal. Menurut data yang ia peroleh ada sebanyak 375.472 anak yang mendapatkan vaksin campak dan rubella.

Ia menargetkan mampu menyasar 95 persen anak dari total keseluruhan yang ada di Semarang. Virus rubella, katanya lebih sering menyerang anak-anak. Bahkan ada sekitar puluhan anak yang harus dirawat di rumah sakit lantaran menderita virus yang menular itu.

Tak hanya itu saja. Rubella juga cepat menular. Akibat komplikasinya yang ditimbulkan bisa memicu radang paru-paru, bayi cacat dan sakit jantung.

”Tapi kami menjamin dalam pelaksanaan imuniasi ini vaksinnya mencukupi, masyarakat tidak perlu khawatir. Karena telah disediakan pemerintah pusat,” tutupnya. (far)

You might also like

Comments are closed.