40 Sekolah Masih Gelar Ujian Berbasis Kertas dan Pensil

METROSEMARANG.COM – Dinas Pendidikan Kota Semarang menyatakan tahun ini ada 40 sekolah tingkat SMP yang masih melaksanakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP). Sedangkan yang sudah melaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ada sebanyak 176 sekolah.

Kadisdik Semarang, Bunyamin (batik hitam) saat mendampingi Wali Kota Hendrar Prihadi memantau kesiapan UNBK di SMP Negeri 9, Jumat (28/4). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

”Untuk persiapan ujian nasional 2016/2017 yang ikut UNBK mandiri ada 97 sekolah, yang gabung dengan sekolah lain ada 79. Dan masih ada 40 sekolah yang siswanya sedikit masih melaksanakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin, Jumat (28/4).

Ia mengatakan, semua sekolah baik yang dengan berbasis komputer maupun kertas dan pensil sudah melakukan koordinasi. Semuanya sudah siap melaksanakan ujian nasional pada 2-8 Mei mendatang.

Untuk ujian nasional berbasis komputer meski baru 97 sekolah, namun jumlah itu menurutnya meningkat dibandingkan tahun lalu. Bunyamin mengatakan tahun lalu hanya ada 6 SMP dan semuanya sekolah swasta. Sedangkan sekolah yang melaksanakan UNKP, dari 40 sekolah terdiri dari 17 sekolah MTS dan 23 SMP.

Antisipasi kecurangan, Bunyamin mengatakan nantinya hanya petugas yang sudah ditentukan yang boleh masuk ruangan ujian. Materi soal ujian nasional juga baru akan diunduh pada pagi hari menjelang pelaksanaan ujian. Ia menjamin pada saat pengunduhan soal tersebut tidak ada gangguan internet.

”Sedangkan untuk ujian yang UNKP, seperti biasa ada posko dan pengawasan untuk distribusi soal ke sekolah,” katanya. (duh)

You might also like

Comments are closed.