5 Bahaya Terlalu Sering Gunakan High Heels

Ilustrasi
Ilustrasi

PARA wanita pasti tidak asing dengan kata High Heels. Ini adalah salah satu jenis sepatu yang paling diminati wanita. Tidak hanya digunakan untuk bekerja, sepatu ini juga digunakan untuk kebutuhan fashion saat hangout bersama teman-teman. Tapi hati-hati dengan penggunaannya, ada resiko yang ditimbulkan.

1. Bunions

Bunions adalah kondisi ketika terdapat benjolan tidak wajar di pangkal jempol kaki. Menurut American Academic of Orthopeadic Surgeons, hal ini disebabkan karena sepatu tersebut sempit dan berhak tinggi, sehingga mengakibatkan radang dan bengkong pada jempol kaki. Ini juga menimbulkan sakit yang luar biasa pada penderitanya. Cara pengobatan dengan melakukan operasi.

2. Nyeri pada Kaki

Menurut ahli penyakit kaki Dr. Greene, penggunakan sepatu ini dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki dan dapat memicu penyakit neuroma yang mengganggu sistem jaringan syaraf kaki.

3. Osteoarhritis

Osteoarthritis adalah pemunculan tulang muda baru atau pengapuran. Ini terjadi karena  tulang rawan pada persendian tulang lutut rusak akibat gesekan dan menopang beban berat.

4. Varises Kaki

Dengan kondisi berjinjit otot-ototyang berada pada tumit belakang dan betis akan terus menerus tegang sehingga pembuluh darah tertekan dan menimbulkan varises.

5. Penyebab Tumor Jinak

Penggunaan sepatu ini akan mengakibatkan penebalan jaringan syaraf pada kaki sehingga menimbulkan rasa nyeri pada jari dan memicu pertumbuhan tumor jinak.

Berhati-hatilah dalam menggunakan high heels. Namun jika ada menyukai jenis sepatu ini, pilihlah hak yang tidak terlalu tinggi atau disesuaikan dengan kondisi tubuh dan keperluan beraktivitas. Pandai-pandailah memilik merk supaya nyaman di kaki Anda. Semoga Bermanfaat! (die)

Comments are closed.