5 Fakta tentang Gerhana Bulan Total 4 April 2015

Ilustrasi
Ilustrasi

GERHANA bulan total akan berlangsung mulai sore nanti. Beberapa fakta menarik seputar gerhana bulan ini kami rangkum dari time and date. Berikut ini 5 fakta gerhana bulan total 4 April 2015:

1. Gerhana Bulan Pertama di Tahun 2015

Tahun 2015 memiliki empat gerhana, yang merupakan jumlah minimum gerhana yang bisa terjadi dalam satu tahun kalender. Gerhana pertama adalah gerhana matahari total pada 20 Maret. Dua minggu kemudian, pada 4 April 2015, bumi akan bergerak di antara matahari dan bulan untuk menandai gerhana bulan total pertama tahun ini. Selanjutnya, pada 13 September 2015 akan terjadi gerhana matahari parsial dan diikuti gerhana bulan pada 28 September.

2. Bagian Bulan Tetrad

Gerhana bulan total pada 4 April 2015 adalah yang ketiga dalam serangkaian empat gerhana bulan total yang disebut lunar tetrad. Gerhana dua tetrad berlangsung pada 15 April 2014 dan 8 Oktober 2014. Gerhana terakhir akan terjadi pada 28 September 2015.

Lunar tetrad dapat menjadi langka di beberapa abad. Abad ke-21 akan memiliki delapan bulan tetrads, jumlah maksimum lunar tetrads yang dapat terjadi dalam satu abad. Terakhir kali hal ini terjadi pada abad ke-9! Tetrad bulan berikutnya dari abad ke-21 akan mulai dengan gerhana bulan total pada tanggal 25 April 2032.

3. Bulan Merah Darah

Dalam beberapa tahun terakhir, istilah bulan darah telah sering digunakan untuk merujuk kepada gerhana bulan total. Di sisi lain, bulan darah bukanlah istilah ilmiah yang digunakan oleh para astronom. Dimungkinkan bahwa istilah datang untuk menggambarkan gerhana bulan total karena warna kemerahan bulan terhalang bumi. Mekanisme yang sama juga biasa ditemui pada warna-warni matahari terbit dan matahari terbenam atau warna biru langit.

4. Tanda Akhir Zaman

Pandangan dari pendeta Blitz dan Hagee cukup menyita perhatian pada awal tahun 2014, karena gerhana di tetrad bertepatan dengan perayaan-perayaan penting kaum Yahudi. Beberapa orang menyimpulkan kebetulan ini sebagai tanda zaman akhir.

Gerhana di April 2014, dan April 2015 terjadi pada waktu yang sama, Paskah. Sementara Oktober 2014, dan September 2015 gerhana terjadi selama perayaan Pondok Daun. Perayaan Pondok Daun merupakan libur Yahudi dirayakan pada tanggal 15 bulan Tisyri (bervariasi dari bulan September sampai akhir Oktober). Ini adalah salah satu dari tiga festival Ziarah (shalosh regalim) di mana Israel akan melakukan ziarah ke Bait Allah di Yerusalem.

Namun, pendapat tentang gerhana bulan sebagai tanda akhir zaman masih bisa diperdebatkan. Data gerhana masa lalu menunjukkan bahwa setidaknya delapan bulan tetrad bertepatan dengan hari libur Yahudi sejak abad pertama. Selain itu, kalendar Yahudi adalah kalendar lunar dan Paskah selalu terjadi di sekitar purnama. Dan karena gerhana bulan total dapat terjadi pada malam bulan purnama, itu sangat mungkin untuk gerhana terjadi pada atau di dekat Paskah.

Karenanya, ilmuwan dan para astronom telah menemukan tidak ada alasan untuk percaya bahwa saat ini tetrad lunar adalah tanda akhir zaman.

5. Gerhana Bulan Total Tersingkat

Puncak gerhana bulan total pada 4 April 2015 diperkirakan hanya akan berlangsung hanya selama 4 menit dan 43 detik. Ini merupakan gerhana bulan total tersingkat di abad ke-21! Fase keseluruhan gerhana dari awal sampai akhir akan berlangsung selama 5 jam dan 30 menit. Karena waktu yang singkat tersebut, banyak sumber memberi sebutan sebagai gerhana bulan partial.

Di abad ini, puncak gerhana bulan total dengan durasi terpanjang akan terjadi pada 27 Juli 2018. Saat itu, totalitas akan berlangsung selama 1 jam 42 menit. (twy)

You might also like

Comments are closed.