5 Foto Ini Membuktikan Semarang adalah Kota Terindah di Asia

METROSEMARANG.COM – Semarang yang terletak di pesisir utara Jawa Tengah bisa dibilang sebagai kota yang sempurna. Kota yang didirikan Ki Ageng Pandanaran sekitar 468 tahun lalu ini terdiri dari dataran pantai dan pegunungan. Orang Semarang tentunya familiar dengan sebutan Semarang Atas yang merujuk pada wilayah kota yang berada di ketinggian dan berhawa sejuk. Sementara sebutan Semarang Bawah merujuk pada kawasan dataran yang berada di tepi pantai.

Dua kondisi geografis yang berbeda ini membentuk lanskap Kota Semarang yang menyuguhkan perpaduan keindahan gunung dan pantai. Sedangkan secara historis, Semarang telah menjadi tempat bertemunya berbagai peradaban dunia seperti Cina, Arab, Jawa dan Eropa. Pelbagai jejak keragaman budaya Semarang masih bisa kita jumpai hingga hari ini. Tak salah jika Semarang disebut sebagai kota terindah di Asia karena keragaman budaya dan alamnya.

Berikut 5 foto yang menunjukkan Semarang sebagai kota terindah di Asia:

Jembatan Banjir Kanal Barat

Jembatan yang melintas di atas sungai Banjir Kanal Barat terlihat begitu indah di malam hari. Sekilas mirip jembatan Golden Gate di San Fransisco, AS.

jembatan banjir kanal barat semarang
Jembatan Banjir Kanal Barat Semarang. Foto: instagram.com/hudarahm

 

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid yang diresmikan Presiden Susislo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006 ini terletak di lahan seluas 10 Hektar. Masjid Agung Jawa Tengah dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi. Gaya Romawi terlihat dari bangunan 25 pilar dipelataran masjid. Pilar pilar bergaya koloseum Athena di Romawi dihiasi kaligrafi kaligrafi yang indah, menyimbolkan 25 Nabi dan Rosul, di gerbang ditulis dua kalimat syahadat, pada bidang datar tertulis huruf Arab Melayu “Sucining Guno Gapuraning Gusti“.

masjid agung jawa tengah semarang ipunkecil
Masjid Agung Jawa Tengah Semarang. Foto: instagram.com/ipunkecil

 

Pusat Perbelanjaan Simpang Lima

Kawasan Simpang Lima merupakan pusat perbelanjaan Kota Semarang. Selain itu terdapat lapangan yang digunakan untuk berbagai aktifitas pemerintah maupun warga. Sejumlah hotel bintang lima pun bisa dijumpai di sini.

Kawasan Simpang Lima semarang
Kawasan Simpang Lima semarang. Foto: instagram.com/davvidsan

 

Gedung Lawang Sewu

Bangunan yang terletak di kawasan monumen Tugu Muda Semarang merupakan salah satu ikon Kota Semarang. Gedung Lawang Sewu ini dibangun pada tahun 1904 oleh perusahaan kereta api Belanda. Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu karena bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak, meskipun kenyataannya, jumlah pintunya tidak mencapai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).

lawang sewu semarang beautiful davvidsan
Gedung Lawang Sewu Semarang. Foto: isntagram.com/davvidsan

 

Klenteng Sam Po Kong

Kelenteng Gedung Batu Sam Po Kong adalah sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Disebut Gedung Batu karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu, orang Indonesia keturunan cina menganggap bangunan itu adalah sebuah kelenteng – mengingat bentuknya memiliki arsitektur bangunan cina sehingga mirip sebuah kelenteng. Sekarang tempat tersebut dijadikan tempat peringatan dan tempat pemujaan atau bersembahyang serta tempat untuk berziarah.

Klenteng Sam Po Kong Semarang
Klenteng Sam Po Kong. Foto: instagram.com/davidsan
You might also like

Comments are closed.