5 Keunikan yang akan Hilang dari Pasar Dugderan

Wahana permainan ini biasa ditemui di Pasar Dugderan. Foto: metrosemarang.com/MS-01
Wahana permainan ini biasa ditemui di Pasar Dugderan. Foto: metrosemarang.com/MS-01

SEMARANG – Kebakaran Pasar Johar, 9 Mei 2015 silam, juga berimbas pada tradisi Dugderan yang biasa digelar sepekan sebelum Ramadan. Tahun ini, Pemkot Semarang meniadakan Pasar Dugderan sebagai bentuk keprihatinan atas musibah dialami para pedagang Johar.

Pasar Dugderan biasanya digelar di Jalan Pemuda, mulai depan Kantor Pos Johar dan sebagian Jalan Agus Salim. Beragam pernak-pernik khas Dugderan bisa dijumpai di event tahunan tersebut. Berikut ini beberapa keunikan Pasar Dugderan yang kemungkinan tidak bisa ditemui lagi, setidaknya untuk tahun ini.

Pasar Malam Dugderan

Pasar malam menjadi salah satu daya tarik di setiap penyelenggaraan Pasar Dugderan. Wahana mainan yang disediakan selalu diserbu pengunjung, khususnya anak-anak. Stan-stan permainan maupun panggung hiburan juga ada di sini.

Mainan Warak Ngendog

Mahkluk imajiner ini sudah lekat dengan tradisi Dugderan. Warak Ngendok hanya bisa dijumpai pada saat Pasar Dugderan berlangsung. Mainan ini dijual dalam berbagai ukuran dengan harga bervariatif mulai Rp 25 ribu hingga ratusan ribu.

Ketan Nten-nten

Ketan Nten-nten
Ketan Nten-nten

Makanan khas ini berbahan dasar beras ketan yang diberi pewarna biru. Disajikan dengan serundeng gula jawa, cocok untuk takjil berbuka puasa. Salah satu kuliner khas Pasar Dugderan, cukup diminati, karena harganya sangat terjangkau, Rp 3.000 per porsi.

Kapal Othok-othok

Kapal Othok-othok
Kapal Othok-othok

Mainan tradisional yang terbuat dari seng ini adalah kapal unik yang bekerja menggunakan tekanan uap ini biasanya saat perayaan tradisi tertentu seperti Sekaten di Jogja atau Dugderan di Semarang. Kapal ini terbuat dari seng yang direkatkan dengan soldier dan dicat dengan cat besi. Untuk menggerakkannya, cukup dengan menyalakan sumbu api dan mengeluaran bunyi othok-othok.

Gerabah Dugderan

Gerabah khas Pasar Dugderan
Gerabah khas Pasar Dugderan

Pasar Dugderan merupakan salah satu moment yang ditunggu-tunggu para pedagang gerabah. Aneka gerabah khas Dugderan seperti celengan, kendi berhias maupun bangku-bangku unik bisa Anda temui. Para pedagang gerabah ini biasanya datang dari luar Kota Semarang. (twy)

 

 

You might also like

Comments are closed.