5 Kiat Sukses Berbisnis Menurut Band Leader Impala Space

 Modal Bukan Hal Utama untuk Bangun Startup

Ide bukanlah yang terpenting, apalagi modal. Lalu apa yang paling penting?

BANYAK orang bilang jika ingin berbisnis modal merupakan hal utama. Ada pula yang bilang ide merupakan hal yang paling penting untuk membangun sebuah usaha. Tapi tahukah kalian bahwa ada yang lebih penting dari itu.

Gatot Hendra Putra, Band Leader Impala Space mengatakan bahwa ide bukanlah yang terpenting, apalagi modal. Lalu apa yang paling penting? Berikut penuturannya saat menjadi tamu road show Finansialku.com “How to Reach Your Financial Goals Faster in Digital Era” pada Minggu, (23/09/18) di Warunk Upnormal, Semarang.

ilustrasi (sumber: technopolisweb.com)

 

Timing

Produk usaha, atau bisnis apapun jika tidak mucul diwaktu yang tepat, mungkin akan jalan, tetapi biasanya tidak akan bertahan lama. Maka dari itu  merencanakan waktu merupakan hal utama yang terpenting dari segalanya. Mengamati sekeliling, kemudian mematangkan konsep dengan melakukan banyak riset dan harus mengetahui ekosistem pasar sehingga bisnis dapat berjalan.

 

Eksekusi

Ide tidak ada artinya jika kita tidak mengesukesi dengan benar. Jangan takut jika ide kita diambil orang lain, karena setiap orang pasti tidak akan pernah sama. Pribadi yang beda tentunya akan mengasilkan karya yang berbeda.

 

Ide Bisnis

Percayalah ketika kamu punya ide di kepalamu, itu bukanlah satu-satunya ide ada di dunia ini. Ada ribuan mungkin jutaan ide yang serupa. Ingat yang paling penting ada eksekusi dan timing.

 

Model Bisnis

Jika sudah memiliki ide bisnis dan tahu cara mengeksekusinya, maka langkah selanjutnya adalah ceritakan bisnis yang ada dipikiran. Di sini, penggunaan model bisnis sangat penting agar mudah dipahami saat bisnis dipresentasikan kepada para investor.

 

Modal

Nah, barulah ngomong soal modal atau funding. Uang emang penting tapi yang paling penting adalah memulai bisnisnya.

Bagaimana, sudah siap memiliki mengibarkan bendera startup mu? (*)

 

You might also like

Comments are closed.