508 Kartunis Meriahkan International Cartoon Contest 2017

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 508 kartunis dari 66 negara bakal menyemarakkan acara Astra Motor International Cartoon Contest 2017 yang dihelat di Kota Semarang. Jumlah kartunis yang berpartisipasi dalam lomba ini cukup fantastis sejak dibuka pada 5 Januari 2017 kemarin.

Komisioner Acara International Cartoon Contest, Jitet Koestana mengatakan dirinya masih menyeleksi karya-karya peserta bersama dengan Darminto M Sudarmo, Pengamat Humor Indonesia didampingi tim kreatif Semarang Cartoon Club (Secac). “Kami telah menerima sebanyak 1.404 karya,” ungkapnya kepada metrosemarang.com, Selasa (4/4).

Ia telah melakukan seleksi awal untuk menentukan 300 nominator. Seleksi memakan waktu cukup lama mengingat jumlah karya yang mamasuk cukup banyak. Seleksi dimulai sekitar pukul 09.00 WIB hingga petang. “Saking banyaknya, tim juri bahkan harus beristirahat lebih dari tiga kali,” katanya.

Ia mengaku terkejut lantaran antusiasme kartunis yang ikut lomba ternyata sangat tinggi. Ia bilang ada sejumlah temuan yang cukup mengagetkan.

Satu di antaranya muncul nama-nama kartunis baru. Mereka kebanyakan masih remaja dan tidak tergabung dalam kelompok kartunis manapun. Namun mampu menunjukkan kualitasnya.

Jumlah kartunis dari dalam negeri yang berpartisipasi mencapai 218 orang. Mereka secara teknis tak kalah dari kartunis luar negeri.

Sementara itu, penjurian karya akan dilanjutkan pada 8 April 2017 mendatang. Hasil lomba akan diumumkan pada 25 April 2017 mendatang.

Darminto M Sudarmo, Pengamat Humor Indonesia menilai lemahnya ide dalam kartun karena tidak diasah. Seorang kartunis harus bisa mengamati, mengevaluasi dan menganalisis masalah sosial yang ada. Menurutnya, hal itu membutuhkan peran kelompok kartunis untuk mengarahkan. Jika perlu mendatangkan pakar untuk berdiskusi. (far)

You might also like

Comments are closed.